BeritaKabar DaerahPWA Jateng

Inilah Langkah Taktis ‘Aisyiyah Sukoharjo untuk Jadi Pelopor Ketahanan Keluarga dan Lingkungan Hidup!

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – Ledakan inovasi dari ‘Aisyiyah Sukoharjo! Ratusan pemimpin LLHPB Pimpinan Daerah dan Cabang ‘Aisyiyah berkumpul di Rakerda super strategis untuk konsolidasi organisasi dan menyusun program kerja mendebarkan. Kira-kira apa rahasia dibalik langkah taktis mereka?

Rakerda LLHPB Sukoharjo, dengan tema ‘Ketahanan Keluarga terhadap Perubahan Iklim dan Bencana untuk Mewujudkan Qoryah Thoyyibah Daerah Sukoharjo’, menjadi pusat perhatian pada Ahad (26/11/23) di Aula SMK Muhammadiyah 01 Sukoharjo. Peserta, sebanyak 41 orang dari pimpinan LLHPB Pimpinan Daerah dan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) se-Sukoharjo, terlibat dalam diskusi seru.

Proses sidang Rakerda LLHPB menjadi wahana penjelasan arah program, sesuai dengan hasil Tanfidz Keputusan Muktamar ke-48 ‘Aisyiyah untuk bidang lingkungan hidup dan bencana. Materi dan program kerja LLHPB PD ‘Aisyiyah Sukoharjo untuk 5 tahun kepengurusan mendatang dibahas secara intensif, dengan penyampaian materi dan program yang kaya informasi.

Pembukaan Rakerda dihadiri oleh Ismokoweni, Ketua LLHPB PD ‘Aisyiyah Sukoharjo, yang menjelaskan tujuan utama Rakerda. Salah satunya adalah konsolidasi organisasi, pimpinan, dan program untuk memastikan pemahaman yang mendalam terkait isu lingkungan hidup dan kebencanaan.

“Bagaimana pimpinan memahami ruang lingkup dan isu permasalahan lingkungan dan kebencanaan, serta bagaimana program yang akan dijalankan bisa sejalan dengan spirit Risalah Perempuan Berkemajuan,” ungkap Ismokoweni.

Baca juga, Hebat! Lazismu Jateng Borong Penghargaan Nasional! Apa Rahasianya?

Dia juga memberikan penjelasan mendalam mengenai Risalah Perempuan Berkemajuan, konseptualisasi, makna, dan karakter perempuan berkemajuan dalam berbagai aspek kehidupan. Turunan programnya mencakup Pengajian Lingkungan dan menjalin kerjasama dengan pihak terkait.

Maryati, Ph.D, Apt, Ketua Divisi Lingkungan Hidup, menyampaikan program kerja divisi lingkungan hidup yang terdiri dari Gerakan Penanaman Pohon, Gerakan Peduli Sampah, dan Green Aisyiyah. Sementara Prof. Dr. Sri Lestari, M.Psi, Ketua Divisi Penanggulangan Bencana, membahas program seperti Keluarga Tangguh Bencana, Satuan Pendidikan Aman Bencana (Spab), Peningkatan Kualitas Sumber Daya Dalam Penanganan Bencana, dan Penanganan Bencana.

Ketua LLHPB berharap agar materi yang disampaikan dapat tercapai sehingga masyarakat memiliki kesadaran dalam pelestarian lingkungan dan pemahaman yang lebih baik mengenai kebencanaan. Dengan begitu, Risalah Perempuan Berkemajuan dapat diwujudkan dengan nyata.

Keberhasilan Rakerda ini menciptakan langkah taktis ‘Aisyiyah Sukoharjo untuk menjadi pelopor ketahanan keluarga dan lingkungan hidup. Semangat Risalah Perempuan Berkemajuan terus berkobar, membawa dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE