Berita

Hiking Sebagai Sarana Belajar Lebih Mandiri, Tangguh, Disiplin dan Bertanggung Jawab

PWMJATENG.COM, Sukoharjo– Sebanyak 92 Pandu Athfal Hizbul Wathan Kelas 3 SD Muhammadiyah Palur ikuti acara hiking yang bertempat di Bumi Perkemahan Al-Amin Tambak, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Selasa, (24/10)

Tepat pukul jam 7 pagi kepanduan berangkat dari sekolah menuju bumi perkemahan yang tidak jauh dari destinasi wisata telaga madirdo dengan mengendarai transportasi bus, sesampainya di lokasi peserta bergegas mempersiapkan diri. Acara dimulai dengan upacara pembukaan dan pembacaan tatib kegiatan.

Diyan Nisanatul Anis, S.Pd ketua pelaksana kegiatan berharap dengan adanya Kegiatan Hiking HW Pandu Athfal dapat melatih siswa agar lebih mandiri, tangguh, disiplin, dan bertanggung jawab.

“Dalam kegiatan ini terdapat tujuh pos yang harus auladi atau peserta hiking lewati, pos 1 yaitu IMTAQ (Iman dan Taqwa), pos 2 Bela Negara, pos 3 Pengetahuan simpul/tali temali, pos 4 Pengetahuan arah mata angin, Pos 5 Kemampuan Indra, pos 6 Games dan pos 7 Yel – Yel”, ujarnya.

Baca juga: Semarak Musyran, 1.500 Warga Muhammadiyah Bumiayu Ikuti Jalan Sehat

Salah satu siswa kelas 3D Azzalea Zahin mengatakan, senang, bahagia dan asyik bisa mengikuti jelajah alam yang diadakan sekolah, ada pengalaman baru dan seru yang saya dapatkan dalam kegiatan ini.

Ayunda Deby salah satu penguji pos menyampaikan, kegiatan dalam pos dikemas dalam kegiatan yang menarik menantang dan menyenangkan. Diantaranya berupa materi kepanduan (Simpul, seragam atribut, kompas dan arah mata angin) serta pengetahuan umum (IMTAQ, toga, bela negara). Materi yang menarik lainnya adalah yel-yel dan game).

Hiking pandu Athfal SD Muhammadiyah Palur diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 3, anak-anak mengikuti dengan antusias dan penuh semangat, semoga kegiatan outdoor ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya, supaya anak-anak bertambah semangat dalam belajar juga sebagai sarana refreshing bagi siswa. Acara ditutup dengan pengumuman regu tergiat, terdisiplin, terkompak, yel-yel terbaik dan kerapian.

Kontributor: Choerul Anam

Editor : M Taufiq Ulinuha

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.