Go Overseas and international Teacher Experience Resolusi 2021

0
49

PWMJATENG.COM, SURAKARTA – Acara ini diselenggarakan oleh Fokal IMM Ahmad Dahlan Kota Surakarta yang bekerjasama dengan Darwis Foundation dan Jejer Samawa pada  hari Jum’at/01 Januari 2021. Rangkaian kegiatan ini juga dibarengi dengan shoft launching Keluarga Besar Muhammadiyah UIN Raden Mas Said Surakarta. Kegiatan tersebut berlangsung melalui platform zoom meeting dengan pembicara yang luar biasa dan berpengalaman menempuh pendidikan ke luar negeri, mereka adalah Ayahanda Hammam Sanadi (MPK PWM Jawa Tengah, Graduated Jawaharlal Nehru New Delhi University), Usamah Abdurrahman (Ketua PPI Turkey, Mahasiswa Pascasarjana Necmettin Ecbaccan University Turkey), Afriza Umami (Awardee Hungarian Scholarship Student, P.hD), Qiya Khaira (Experiences Teacher at Thailand, Mesir, Singapura, Malaysia).

Webinar berlangsung sejak pukul 20.00-22.00 WIB yang diikuti 50 peserta dari mahasiswa dan peserta umum yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Tujuan kegiatan tersebut yaitu untuk memberikan informasi seputar pendidikan di luar negeri dan pengalaman beasiswa kepada mahasiswa S1, mahasiswa fresh graduate maupun peserta umum, selain itu untuk menumbuhkan rasa semangat dan kesempatan kepada peserta untuk mengikuti program beasiswa agar merasakan kebermanfaatan dan siap ketika menerima beasiswa.

Penyampaian materi pertama oleh ayahnda Hammam Sanadi yang memberikan motivasi dan pengalaman akan studi di India beliau bercerita sebagai satu- satunya mahasiswa indonesia Perdana program Doctoral yang lulus di Jawaharlal Nehru University, sungguh tidak mudah karena betapa banyak yang kemudian mahasiswa indonesia yang pulang kembali ketanah air dan nyaris gagal dalam melaksanakan Studinya, maka ketahanan mental sangatlah dibutuhkan.
selain itu meluruskan niat sangatlah penting serta menyiapkan bekal.

Usamah sebagai ketua PPI Persatuan pelajar indonesia di Turkey menyampaikan bahwa tempat belajar dimanapun adalah sama, tinggal bagaimana kemudian ilmu kita bisa bermanfaat, termasuk kesempatan mengenalkan indonesia kebelahan negara lainnya, selain studi di kampus kita bisa belajar sejarah bangsanya dan Peradabannya secara langsung,

disambung oleh Afriza Umami Sebagai mahasiswi Doctoral di Hungaria, banyak berbagi cerita seputar kesempatan untuk go overseas di Hungaria dan Pengalaman-pengalaman intership program selama di Australia dahulu, beliau menegaskan semua memiliki kesempatan yang sama. tinggal bagaimana kita terus berusaha insyaAllah akan dimudahkan dalam menggampai kesempatan sambil kita mempersiapkan dengan baik bahasa kita terutama.

qiya yang beberapa kali menekankan soal Passion agar mengikuti kegiatan-kegiatan sesuai minat dan bakat yang akan menunjang bidang yang digeluti, dengan begitu perancanaan secara matang juga harus disertai karena tidak semua beasiswa tentu tetap ada biaya pribadi yang akan dikeluarkan maka harus di rencanakan.
jangan takut gagal terus mencoba dan mencoba.
Dengan Launching nya KBM UIN RMS (Keluarga Besar Muhammadiyah UIN Raden Mas Said Surakarta) pada hari Jum’at, 01 Januari 2020 adalah sebagai wujud perkaderan Muhammadiyah supaya tetap berjalan dan menjaga kekeluargaan sesama warga Muhammadiyah. Adapun langkah selanjutnya adalah memasifkan komunikasi dengan para dosen Muhammadiyah di UIN Raden Mas Said Surakarta dan memberikan karya nyata ke depan.
moderator Ahmad zia Khakim menutup acara dengan harapan kepada seluruh peserta Webinar agar memiliki Resolusi 2021 untuk lebih baik dari tahun sebelumnya disegala aspek bidang. lebih-lebih untuk negeri indonesia tercinta. diakhiri dengan kafarotul masjil dan hamdalah. (*)