Gandeng MDMC, IPM Jepara Adakan Pelatihan Pelajar Tanggap Bencana

Gandeng MDMC, IPM Jepara Adakan Pelatihan Pelajar Tanggap Bencana
Gandeng MDMC, IPM Jepara Adakan Pelatihan Pelajar Tanggap Bencana

PWMJATENG.COM , JEPARA – Mengangkat tema “Membentuk Pelajar Responsif, Membumikan Jiwa Filantropi”, Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Jepara adakan Pelatihan Pelajar Tanggap Bencana dengan menggandeng MDMC sebagai fasilitator dilapangan pada Jumat-Minggu 2-4 April 2021 di Aula SMK Muhammadiyah 4 Bangsri.

Pembukaan kegiatan Pelatihan Pelajar Tanggap Bencana dihadiri oleh PDM, PCA, PDPM, PCNA, MDMC, MCCC Kabupaten Jepara dan 29 peserta pelatihan.

Ada beberapa materi yang dimuat dalam pelatihan ini, yaitu Kemuhammadiyahan, PRB (Pengurangan Resiko Bencana), OMOR (One Muhammadiyah One Respon), BHD (Bantuan Hidup Dasar), DU (Dapur Umum), dan Fundraising.

Dari kegiatan ini diharapkan akan terlahir kader-kader yang mempunyai rasa kepedulian yang tinggi, responsive terhadap permasalahan di lingkungan, dan membunyai bekal keilmuan yang mumpuni untuk bergerak. Seperti apa yang dikatakan IPMawan Akbar selaku ketua panitia. “Ini adalah PPTB yang pertama, dari pelatihan ini kami berharap bahwa akan terlahir kader yang mempunyai rasa kepedulian yang tinggi, dan mempunyai bekal ilmu yang cukup ketika bergerak.” Ucapnya.

BACA JUGA  UMP Bekali Mahasiswa Baru dengan Softskill

Dalam sambutannya IPMawan Ongky Widodo selaku Ketua Umum PD IPM Jepara menyampaikan rasa senang dan bangga atas terselenggaranya kegiatan Pelatihan Tanggap Bencana ini.

“Pada periode ini saya mengangkat tagline Pelajar Kolaboratif, dan kegiatan ini merupakan perwujudan dari tagline itu, maka dari itu saya merasa senang dan bangga atas terselenggaranya kegiatan ini. kegiatan ini juga menjadi lebih sepesial karena kami adalah IPM pertama yang membuat kegiatan penanggulangan kebencanaan dan bisa bekerjasama dengan MDMC.” Jelasnya

Dia juga menambahkan tentang pentingnya IPM dalam proses perkaderan di muhammadiyah. “Sebagai ortom yang paling kecil, IPM mempunyai tanggung jawab untuk mempersiapkan kader dengan pondasi ideologi yang kokoh dan punya rasa keperdulian yang tinggi, supaya kader IPM nantinya mampu menjadi penggerak di ortom tingkat selanjutnya, di muhammadiyah maupun di masyarakat. Maka dari itu perkaderan di IPM perlu dimasifkan dan di dukung sepenuhnya.” Imbuhnya.

BACA JUGA  KOKAM dan Pemuda Muhammadiyah Kota Tegal Cepat Bergerak

Diacara yang sama dalam sambutannya Roy Alviantoro selaku Ketua MDMC dan ketua PD PM jepara menyampaikan rasa bangganya terhadap IPM Jepara.

“Saya sangat senang dan bangga melihat progres IPM di periode ini, pada periode ini kader IPM dijepara bertambah banyak dan kegiatannya pun makin masif. Dan tagline Pelajar Kolaboratif tak rasa sangat tepat karena IPM sudah sering bekerjasana dengan kami, bahkan terjun langsung ke daerah terdampak bencana membersamai kami.” Jelasnya.

Acara ini dibuka oleh PDM Jepara yang diwakili oleh Ayahanda Akhmad Faozan, dalam sambutannya bliau menyampaikan harapan untuk kader muhammadiyah di jepara.

“Saya senang dan optimis melihat kader yang begitu semangat mengikut kegiatan seperti ini meskipun dimasa pandemi, ini adalah kegiatan yang bagus untuk membentuk karakter kader. semoga kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus ada supaya kader muhammadiyah mendapatkan tempat untuk berkembang.” Jelasnya

BACA JUGA  Dr Jebul Suroso : UMP Rumah Perkaderan Calon Pemimpin Bangsa

Beliau juga menmbahkan kutipan yang di ambaaial dari buku Pribadi Hebat yang ditulis Prof. Buya Hamka“Bebanmu akan berat, jiwamu harus kuat, tapi aku percaya langkahmu akan jaya, kuatkanlah pribadimu.” Imbuhnya.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts