AUMBerita

Fisioterapi UMS Lestarikan Budaya Nusantara Melalui Pentas Seni

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – Pada hari kedua “Expo & Student Day Contraction Physiotherapy Community Attraction”, Program Studi Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memukau penonton dengan parade Pesona Indonesia dan pentas seni nasional dan internasional di Gedung Auditorium Moh. Djazman Kampus I UMS, Rabu (7/2).

Farid Rahman Ftr., M. Or., Kaprodi Fisioterapi UMS, menjelaskan bahwa acara ini merupakan bagian dari Rencana Pengembangan Program Studi (RPPS) Tahun 2023/2024. Fokusnya adalah menghasilkan produk dari Outcome-Based Education (O.B.E) dan memfasilitasi mahasiswa untuk berwirausaha, serta meningkatkan jiwa nasionalisme melalui kegiatan seni dan budaya.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UMS, Dr. Umi Budi Rahayu, S.Fis., Ftr., M.Kes., menegaskan bahwa acara Expo dan Student Day, meskipun sudah menjadi agenda tahunan, kali ini disajikan secara tematik. Ia juga berharap adanya pertukaran mahasiswa dengan Thailand dan pengembangan kerjasama di masa depan.

Parade seni yang menampilkan tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia menjadi sorotan utama acara. Mahasiswa Fisioterapi UMS dengan antusias memerankan berbagai budaya, seperti tari Dayak Tarian Burung Enggang yang dipersembahkan oleh Aliyah Nadhifah dan Hanum Wahyu Ramadhani, mahasiswi asal Kalimantan Timur. Keduanya merasa senang bisa mengenalkan budaya daerah mereka kepada teman-teman satu kampus.

Baca juga, Berbeda dengan Struktural Pusat, AMM Jateng Ambil Posisi Tak Dukung Paslon Tertentu!

Sementara itu, kelompok Jawa Tengah dan DIY tampil beda dengan drama Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang, yang disambut meriah oleh mahasiswa penonton.

Muhammad Mukhlis Cahyadi, salah satu mahasiswa Fisioterapi UMS, menyatakan kegembiraannya atas antusiasme yang tinggi dari seluruh peserta acara. Ia berharap kegiatan semacam ini dapat lebih sering diadakan di masa depan.

Tidak hanya seni dari dalam negeri, mahasiswa internasional asal Yaman juga turut berpartisipasi dengan memperkenalkan budaya dan tradisi dari negara mereka.

Puncak acara ditandai dengan pengumuman pemenang kontes booth terbaik, student award, serta pemenang poster komunitas terbaik. Ini menjadi momen bersejarah bagi mahasiswa dan menjadi pendorong semangat untuk berkreasi lebih lagi di masa depan.

Kontributor : Najwa & Aisya
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE