AUMBerita

Direktur Pesma UMS Bocorkan Rahasia Jadi Musrif Berkelas, Ini Tips dan Trik Komunikasi yang Bikin Percaya Diri!

PWMJATENG.COM, Surakarta – Heboh di kampus! Direktur Pesantren Mahasiswa (Pesma) Internasional KH Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Dra. Muamaroh, M.Hum., P.h.D., baru-baru ini menggebrak ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dengan materi penyegaran yang luar biasa untuk Musrif/Musrifah. Dalam sesi tersebut, beliau memberikan tips dan trik komunikasi yang bikin percaya diri.

Dra. Muamaroh, M.Hum., P.h.D., berbagi pengetahuan mengenai communication skill, teknik konseling, dan diskusi pembentukan struktur organisasi sekaligus penguatan program Pesantren Mahasiswa (Pesma). Beliau memberikan wawasan yang sangat berharga, terutama dalam mengembangkan kemampuan komunikasi.

“Lima tips dalam mengembangkan komunikasi, pertama aktif mendengarkan, menanyakan pertanyaan, mengklasifikasi dan meringkas, fokus pada lawan bicara, dan berbicara dengan jelas dan ringkas,” papar Direktur Pesma UMS pada Selasa (21/11), memberikan pesan yang bisa langsung diaplikasikan.

Dalam paparannya, Direktur Pesma UMS juga membahas ciri-ciri orang percaya diri. “Saat berbicara, orang percaya diri akan tersenyum, tenang tanpa tergesa-gesa, suaranya lantang tapi pasti, tidak tegang wajahnya, dan tidak menunjukkan rasa malu atau gugup,” ungkapnya dengan antusias.

Baca juga, Hebat! Lazismu Jateng Borong Penghargaan Nasional! Apa Rahasianya?

Tak hanya itu, Muamaroh juga menjelaskan teknik konseling dengan merinci sasaran, konseling individu, dan konseling kelompok. Pengetahuan ini dianggap sangat penting untuk membekali Musrif/Musrifah dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa.

Kemudian, beliau membahas pembentukan struktur organisasi Pesma dan penguatan program Pesma yang telah berhasil diimplementasikan di Universitas Muhammadiyah Surakarta. “Mengelola Pesma atau asrama bukan hanya tugas rutin, tapi harus dijadikan sebagai lahan dakwah, beramal jariah, beramal sholeh, berlatih, dan belajar,” tegasnya.

Pembicaraan ini memberikan inspirasi besar bagi para Musrif/Musrifah di ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, yang bersemangat mengikuti dan mengaplikasikan ilmu yang diberikan oleh Direktur Pesma UMS. Sesi berharga ini sekaligus menjadi tonggak penting dalam mengembangkan kualitas dan kapasitas Musrif/Musrifah untuk menciptakan lingkungan kampus yang lebih inspiratif dan berkualitas.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE