Berita

Dekan FK Unimus: Mahasiswa Kedokteran Jangan Asal Lulus

PWMJATENG.COM – Semarang, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) kembali menghasilkan dokter-dokter muda di tahun ini, hal tersebut ditandai dengan prosesi pengambilan sumpah dokter ke -18 di aula fakultas Kedokteran Unimus, yang beralamat di Jalan Kedungmundu Raya No.18 Semarang pada Sabtu kemarin (26/1/2019).

Sejumlah 11 dokter muda diambil sumpahnya sebagai salah satu persyaratan menjadi dokter profesional yang sebelumnya telah menempuh praktek dan ujian profesi dokter.

Pengambilan sumpah dokter dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unimus, Rifki Muslim, yang juga merupakan dokter spesialis bedah dan urologi, prosesi pengambilan sumpah  disaksikan oleh para orang tua dokter dan bebreapa tamu undangan yang hadir.

Dokter muda dengan nilai ujian terbaik diraih oleh Atika Rachmi, dengan IPK 3,64 dengan mendapat predikat cumlaude, gadis asal semarang ini merupakan alumni dari SMA 5 Semarang.

Rifki Muslim, Dekan Fakultas Kedokteran Unimus, sampaikan bahwa pentingnya sumpah dokter dan juga kiat menjadi dokter yang sukses.

“Sumpah dokter itu penting sekali sebagai seorang mahasiswa kedokteran karena itu berarti telah resmi menjadi seorang dokter, dan ini menjadi tonggak sejarah bagi mereka, alhamdulillah kita telah telah mengambil sumpah dokter yang ke 18 kali sejak pertama Fakultas Kedokteran berdiri,” terangnya.

Menurut Rifki Muslim, menjadi dokter yang sukses harus dimulai disaat menjad mahasiswa dengan bersungguh-sungguh, agar kedepannya berhasil menjadi dokter yang sukses.

“Mempersiapkan diri saat pendidikan, kalau asal-asalan lulus kadang-kadang  setelah di masyarakat akan sulit mendapatkan penghidupan yang baik, dia tidak bisa menolong pasien, itulah membuat kami di fakultas untuk mendidik mereka dengan baik, baik dari segi keilmuan, kemuhammadiyah dan islamannya” tegasnya.

Sedangkan Atika Rachmi, peraih nilai tertinggi ujian profesi dokter, menyampaikan bahwa di unimus para mahasiswa kedokteran dididik sangat ketat sehingga menjadi lulusan yang berkualitas.

“Disini di Unimus beda dengan lulusan yang lain, kita ditempa banget, karena itu kita bisa lulus dengan nilai yang sangat baik dan bisa bersaing dengan dokter yang lain, harapannya unimus bisa mencetak dokter-dokter yang mampu bersaing dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat, terima kasih kepada dokter-dokter dan teman-teman saya yang telah memberikan waktu dan dukungannya” pungkas Atika Rachmi.

Pada acara tersebut hadir pula dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah jawa Tengah yang diwakili oleh Musman Tholib, dan juga hadir dari Dinas Kesehatan Propinsi, serta beberapa instansi yang telah bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Unimus. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE