AUMBerita

SMP At-Tin UMP Gencar Lakukan Upaya Meningkatkan Budaya Literasi dengan Gerakan Literasi Hijau

PWMJATENG.COM, Tegal – Sekolah Menengah Pertama (SMP) At-Tin UMP memberikan gebrakan revolusioner dalam dunia pendidikan dengan menggelar “Seminar Literasi Santri dan Launching Gerakan Literasi Hijau At-Tin”, Ahad (28/1). Acara ini bukan hanya sekadar seminar, tetapi juga menciptakan kesadaran literasi di kalangan santri dan menggandeng Dr. Gufron Amirullah, S.Pd, M.Pd, Majelis Dikdasmen dan PNF PP. Muhammadiyah, sebagai narasumber utama.

Kepala Sekolah Menengah Pertama At-Tin UMP, Alvin Qodri Lazuardy, S.Ag, M.Pd, menjelaskan bahwa sekolah ini memiliki program unggulan yang mencakup tiga aspek besar, yaitu “Islamic Ecology, Literation And Sports.” Salah satu langkah konkret dari program ini adalah gerakan “Literasi Hijau,” yang tidak hanya mengembangkan literasi, tetapi juga meningkatkan kesadaran ekologis siswa dan mengajak mereka untuk menjaga kesehatan jasmani melalui kegiatan olahraga.

Menurut Alvin Qodri Lazuardy, gerakan “Literasi Hijau” ini merupakan langkah monumental yang diambil oleh sekolah dalam mengukir prestasi di bidang pendidikan dan pengembangan kepribadian siswa. Ia menyatakan, “Kami ingin menciptakan sensasi di dunia pendidikan, bukan hanya sekadar memberikan pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan kesadaran ekologis siswa.”

Baca juga, Inspiratif, Masjid At Taqwa Muhammadiyah Jateng Resmi Jadi Masjid Unggul Percontohan Nasional!

Dr. Gufron Amirullah, S.Pd, M.Pd, selaku narasumber utama dalam seminar tersebut, memberikan pandangan mendalam mengenai pentingnya literasi di kalangan santri. Ia menyampaikan, “Literasi bukan hanya tentang membaca dan menulis, tetapi juga tentang pemahaman dan penerapan nilai-nilai kehidupan. Dengan gerakan ‘Literasi Hijau,’ kita tidak hanya mengembangkan intelektualitas, tetapi juga menciptakan generasi yang peduli terhadap lingkungan dan kesehatan.”

Acara yang berlangsung pada Ahad, 28 Januari 2024, di Kampus 4 UMP Pondok Pesantren Modern At-Tin UMP, Margaayu, Margasari, menandai komitmen sekolah dalam mewujudkan pendidikan holistik yang mencakup aspek literasi, ekologi, dan kesehatan jasmani. Gerakan “Literasi Hijau” diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk menggali potensi siswa dalam berbagai dimensi kehidupan.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE