BeritaPWA Jateng

‘Aisyiyah Kirim Ratusan Kader ke TPS, Pantau Pemilu 2024!

PWMJATENG.COM, Yogyakarta – ‘Aisyiyah, organisasi wanita yang berkomitmen pada nilai-nilai inklusif dan demokrasi, turut serta dalam memastikan kelancaran dan keadilan Pemilu 2024. Dengan langkah proaktif, ‘Aisyiyah mengerahkan 210 kader untuk memantau proses Pemilu di 210 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 10 Kabupaten/Kota, berkoordinasi dengan Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR).

Menurut Tri Hastuti Nur Rochimah, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, partisipasi ‘Aisyiyah dalam pemantauan Pemilu sudah dimulai sejak tahun 2004, sebagai bagian dari Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR). Selain itu, ‘Aisyiyah juga aktif memantau di TPS yang berkoordinasi dengan Bawaslu di berbagai kabupaten, seperti di Kabupaten Gresik yang melibatkan 50 pemantau.

Baca juga, Zakiyuddin Baidhawy: Jaga Harmoni dan Kedamaian dalam Pemilu!

Para pemantau Pemilu yang dilibatkan oleh ‘Aisyiyah tidak hanya terdiri dari perempuan, tetapi juga melibatkan teman-teman difabel yang telah menjalani pelatihan khusus. Mereka dilengkapi dengan instrumen pemantauan untuk memastikan Pemilu berjalan secara inklusif dan jujur.

Tri menekankan bahwa Pemilu 2024 harus menjadi ajang yang inklusif, di mana semua golongan, termasuk difabel, lansia, ibu hamil, dan ibu menyusui, dapat dengan mudah mengakses dan memberikan suara mereka di TPS. ‘Aisyiyah juga memastikan bahwa kelompok berkebutuhan khusus ini mendapatkan bantuan mobilitas untuk mencapai TPS.

Sebanyak 20 enumerator atau pengolah data juga dilibatkan oleh ‘Aisyiyah untuk menganalisis data hasil pemantauan yang dikumpulkan oleh para pemantau. Data tersebut akan menjadi masukan bagi ‘Aisyiyah dalam memperbaiki proses Pemilu di masa mendatang, termasuk untuk Pemilihan Kepala Daerah yang dijadwalkan pada bulan November 2024.

Kontributor : Suri
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE