Berita

‘Aisyiyah Gelar Silaturahmi Bahas Peran Kader dalam Gerakan Islam

PWMJATENG.COM, Yogyakarta – Majelis Pembinaan Kader (MPK) Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah menyelenggarakan pertemuan silaturahmi daring yang melibatkan kader ‘Aisyiyah dari seluruh Indonesia dan Pimpinan Cabang Istimewa ‘Aisyiyah (PCIA) dari beberapa negara. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum PP ‘Aisyiyah, Salmah Orbayinah, yang juga menjadi narasumber dalam acara tersebut, Selasa (17/10/23).

Pertemuan ini difokuskan pada komitmen terhadap identitas dan ideologi persyarikatan serta organisasi untuk menjadi bagian dari gerakan Islam yang kuat. Menurut Salmah Orbayinah, membangun pemahaman ideologi kader ‘Aisyiyah merupakan langkah yang mutlak diperlukan agar mereka dapat menjadi penolong masyarakat dalam berbagai konteks.

“Peran keumatan, kebangsaan, dan kemasyarakatan dari ‘Aisyiyah perlu diperkuat. Penguatan dan pembinaan sumber daya manusia merupakan hal yang sangat penting untuk melahirkan kader-kader terbaik – khairu ummah. Ini juga akan meningkatkan peran kader ‘Aisyiyah dalam menanggapi permasalahan masyarakat yang semakin kompleks,” ungkapnya.

Baca juga, Muhammadiyah Jawa Tengah Gelar FGD Pendirian Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah

Menghadapi perkembangan teknologi dan globalisasi yang tak terelakkan, Salmah Orbayinah menekankan perlunya metode pengelolaan kader yang berbeda dari sebelumnya. Selain itu, hasil Rakernas MPKSDI PP ‘Aisyiyah yang diselenggarakan beberapa waktu lalu menyoroti pentingnya melaksanakan program kaderisasi yang harus tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri. Pada kesempatan ini, Salmah Orbayinah juga merujuk pada tema Muktamar ke-48 yang berjudul “Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta.”

Tema ini menjadi landasan bagi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah dalam mempersiapkan kader-kader berkualitas yang dapat memberikan pengaruh yang relevan kepada masyarakat dunia. Ia juga menekankan peran global Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, mengingat bahwa Islam bukan hanya ditujukan bagi bangsa Indonesia atau umat Islam saja, tetapi untuk seluruh alam, sebagai rahmat bagi seluruh alam. Pertemuan silaturahmi ini menjadi momen penting untuk memahami peran kader dalam gerakan Islam yang lebih luas dan kompleks serta mengukuhkan komitmen ‘Aisyiyah dalam mempersiapkan kader-kader yang mampu berkontribusi positif terhadap permasalahan dunia saat ini.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.