Haedar Nashir: Tiga Langkah Menjadikan Hidup Bermakna

0
415

SUKOHARJO, Tantangan dan problem kehidupan yang semakin komplek, membutuhkan cara dan kualitas hidup yang penuh dengan makna. Setidaknya ini akan menjadi sebuah solusi bagi kehidupan mulai dari tingkatan terkecil, seperti keluarga dan masyarakat sekitar.

Pandangan ini disampaikan oleh Dr H Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah saat menyampaikan tabligh Akbar yang diadakan oleh PDM Sukaharjo, Minggu, (18/09).

Menurut Haedar, untuk menjadikan hidup semakin bermakna dan bermaslahat bagi kehidupan, sekurang-kurang 3 langkah ini, bisa dilakukan oleh warga Muhammadiyah. Pertama, memperbanyak amal soleh. ” sebab di dalam Al Quran Allah menjanjikan kehidupan yang lebih berkualitas dengan adanya amal soleh”, ungkap Haedar.

Kedua, berakhlakul karimah. Sebab menurutnya, akhlak yang mulia, akan menjadi seseorang memiliki marwah dan harga diri.

Ketiga, mendorong tumbuhnya budaya ilmu. Sebab bagaimana pun, kemajuan sebuah bangsa tidak lepas dengan tradisi keilmuan masyarakatnya.  Semakin baik budaya ilmu dalam satu golongan, maka akan semakin baik peradaban dan kualitas hidupnya.

“Ini menjadi tugas kita hari ini, bagaimana generasi ke depan pasca kita sekarang, memiliki budaya ilmu dab kualitas diri yang lebih baik. Sebab merekalah yang nantinya akan mengisi kehidupan ini”, kata haedar.

Tiga langkah ini, menjadi harapan Ketua Umum PP Muhammadiyah agar warga Muhammadiyah bisa lebih berkualitas dan maju.

(Suara Muhammadiyah)/MT