Pemuda Muhammadiyah Wonosobo Selenggarakan Obrolan Bisnis Muslim

0
678

WONOSOBO, Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Wonosobo untuk yang kesekian kalinya menggelar Obrolan Bisnis Muslim, setelah sukses pada even sebelumnya. Bertempat di Gedung Suara Merdeka Wonosobo Jalan Veteran Sudagaran yang berada tepat di kantor LazisMu Wonosobo, aula kantor yang biasanya sepi mendadak rame dengan adanya acara ini.
Senin(19/09). Acara obrolan bisnis muslim (OBM) yang dikemas dengan santai tapi sarat makna ini menghadirkan Bambang Nugroho sebagai pembicara sekaligus motivator .OBM kali ini diikuti oleh berbagai macam kalangan yang notabene adalah para pengusaha muda dan para pengusaha start up. Selain dihadiri oleh Pemuda Daerah Wonosobo, forum IIBF ( Indonesian Islamic Bisnis Forum ) Wonosobo, kalangan bisnismen yang menggeluti berbagai macam usaha di kabupaten Wonosobo. Acara yang bertemakan ” Membangun bisnis kuat, sehat dan Syar’i ” ini,  sebagai seorang motivator dan juga trainer skala Nasional Bambang Nugraha menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang saudagar harus dimulai dari hal kecil dan sesuatu yang kecil itu adalah  “Kudu nyemplung sik”, ( harus terjun dulu ) ujarnya. Persoalan nanti muncul permasalahan, halangan ataupun kendala dalam bisnis maka itu harus dijadikan tantangan untuk bisa diselesaikan, sehingga seorang pembisnis tidak boleh menyerah sebelum bertanding ( usaha ).
Selain itu, beliau juga memberikan contoh betapa mereka yang besar hari ini bemula dari sebuah titik kecil. dan barang siapa yang sudah memulai, kemungkinan-kemungkinan untuk menjadi besar akan datang dikemudian hari. Tiga formula yang ia sampaikan pada kesempatan itu adalah Berpikir besar (think big), mulai dari yang terkecil (start small), dan bergerak cepat (move past). Dengan itulah bisnis akan segera berjalan. Jika tidak kita akan gigit jari melihat mereka yang berhasil. Firman Cahyadi, salah seorang peserta yang juga ketua Pemuda Daerah Muhamadiyah Wonosobo mengatakan bahwa acara ini cukup menarik untuk terus dilanjutkan sebagai sebuah bentuk perkaderan dan awal bagi para pemuda untuk memulai bisnisnya. Melalui kegiatan rutin ini PCPM Wonosobo kemudian menginisiasi terciptanya JPPM (jaringan pengusaha pemuda muhammadiyah). JPPM ini merupakan hasil kongkrit dari kegiatan OBM ini, dimana para pengusaha pemuda bisa membangun jejaring, melebarkan bisnis, dan konsultasi terkait usaha masing-masing. Menurut Sunarno Eko, salah seorang penginisiasi JPPM yang juga ketua PCPM kota Wonosobo dalam sambutannnya mengatakan bahwa dengan hadirnya para trainer dan motivator kaliber nasional kita berharap bisa mendapatkan peajaran berharga dan bisa berdampak pada makin baiknya kualitas para pengusaha pemuda yang ada di Wonosobo. Senada dengan dua pendapat di atas, Agus Prayoga ketua bidang ekonomi PDPM menyampaikan bahwa dengan hadirnya JPPM ini bisa memperkuat ukhuwah dan kebersamaan para pemuda dalam membangun jaringan bisnisnya. Acara berakhir menjelang tengah malam, dan para peserta tampak puas dengan kegiatan yang sangat bermanfaat.

Kontributor : Aro