BeritaKabar Daerah

Wujudkan Lingkungan yang Bersih dan Sehat, PDM Banyumas Luncurkan Gerakan Sedekah

PWMJATENG.COM, Banyumas¬†‚ÄstUniversitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menjadi tuan rumah peluncuran Gerakan Sedekah Sampah yang diprakarsai oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas. Acara ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan melalui pengelolaan sampah yang lebih baik.

Ketua PDM Banyumas, M. Djohar, menekankan pentingnya gerakan ini dalam membangun kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah. “Gerakan Sedekah Sampah ini merupakan langkah nyata dari Muhammadiyah Banyumas untuk berkontribusi dalam menjaga lingkungan,” ujarnya, Ahad (7/7/24).

M. Djohar berharap masyarakat dapat berpartisipasi aktif, mulai dari memilah sampah di rumah hingga mendonasikan sampah yang bisa didaur ulang. “Dengan mendonasikan sampah, masyarakat tidak hanya membantu mengurangi jumlah sampah yang berakhir di TPA, tetapi juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi komunitas yang mengelola sampah daur ulang,” tambahnya.

Gerakan ini tidak hanya sekadar aksi lingkungan, tetapi juga memiliki nilai sosial dan ekonomi. M. Djohar menjelaskan bahwa melalui donasi sampah, masyarakat dapat membantu mengurangi jumlah sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) serta memberikan manfaat ekonomi bagi komunitas pengelola sampah daur ulang.

Baca juga, Telah Terbit! Download Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT) 1446 H

Dia juga berharap gerakan ini bisa menjadi model bagi daerah lain dalam mengelola sampah secara lebih efektif dan berkelanjutan. “Semoga gerakan ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat serta lingkungan sekitar,” tutupnya.

Rektor UMP, Jebul Suroso, menyampaikan dukungan penuh dari universitas terhadap gerakan ini. “UMP berkomitmen untuk mendukung berbagai inisiatif yang bertujuan untuk keberlanjutan lingkungan. Gerakan Sedekah Sampah ini sejalan dengan visi UMP untuk menjadi kampus yang peduli lingkungan dan berkelanjutan,” jelasnya.

Jebul juga menambahkan bahwa UMP akan mengintegrasikan gerakan ini dalam berbagai kegiatan kampus, termasuk dalam aktivitas mahasiswa. “Kami akan memastikan bahwa seluruh civitas akademika UMP turut berpartisipasi dalam gerakan ini, baik melalui kegiatan akademik maupun non-akademik,” katanya.

Dengan peluncuran Gerakan Sedekah Sampah, diharapkan masyarakat Banyumas, khususnya warga UMP, dapat lebih peduli terhadap pengelolaan sampah dan berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan. “Kami berharap gerakan ini dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain dan memberikan dampak positif yang signifikan,” ungkap Rektor UMP.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE