BeritaOrtom

Upayakan Pembentukan Karakter Anak Sejak Dini, HW dan PWA Jawa Tengah Selenggarakan ToF HW PAUD

PWMJATENG.COM, Semarang Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) merupakan salah satu organisasi otonom Muhammadiyah yang bergerak pada bidang pendidikan dan kepanduan. Dalam sejarahnya, HW telah melakukan pendidikan terhadap kader-kader Muhammadiyah, termasuk di dalamnya pendidikan karakter. Sebagai upaya pendidikan karakter sejak dini, Kwartir Wilayah HW Jawa Tengah bekerjasama dengan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah selenggarakan Training of Fasilitator (ToF) HW PAUD; di mana nantinya fasilitator yang terbentuk, akan menjadi pelatih HW untuk siswa-siswi PAUD ‘Aisyiyah se-Jawa Tengah.

Nantinya, kegiatan ToF HW PAUD ini sendiri akan diselenggarakan secara daring dan luring. Secara daring, ToF diselenggarakan pada Hari Sabtu, 19 Februari 2022; kemudian secara luring, ToF akan diselenggarakan pada Hari Sabtu-Ahad, 26-27 Februari 2022 di 6 eks Karesidenan se-Jawa Tengah.

Bersamaan dengan ToF HW PAUD luring, dilaksanakan pembukaan yang dihadiri secara langsung melalui Zoom oleh Ketua PWM Jawa Tengah, Dr. KH. Tafsir, M.Ag. Selain itu, hadir juga dalam sesi pembukaan, Kwartir Pusat HW, Bunda Sri Immawati; Ketua PWA Jawa Tengah; Ketua Kwarwil HW Jawa Tengah; jajaran Kwarwil HW Jawa Tengah; segenap pelatih dan instruktur ToF; DSW HW Jawa Tengah; dan peserta ToF HW PAUD se-Jawa Tengah.

Ramanda Sukasno selaku Ketua Kwarwil HW Jawa Tengah menyampaikan pada laporannya, bahwa kegiatan ToF ini bertujuan untuk mempersiapkan pelatih yang akan menyelenggarakan pendidikan HW di tingkat PAUD.

“Dalam rangka pembibitan kader persyarikatan, umat, dan bangsa; yang bertaqwa; tangguh dan trengginas, maka perlu dicari solusi praktis bagi penyelenggara penguatan pendidikan karakter sedini mungkin; sekaligus menyongsong dan menyemarakkan syiar Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke 48 di Surakarta,” ungkap Ketua Kwarwil HW Jawa Tengah dalam laporannya.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa Kwarwil HW Jawa Tengah telah mempersiapkan ToF HW PAUD ini dengan beberapa serangkaian persiapan, di antaranya :

  1. Penandatanganan MOU tentang Pedoman HW PAUD.
  2. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang Penyelenggarakan Bimbingan Teknis Fasilitator Pandu HW PAUD.
  3. Menyelenggarakan pilot project ToF HW PAUD yang diikuti oleh OC per eks karesidenan pada tanggal 29-30 Januari 2022 di SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara.

Bunda Sri Immawati selaku perwakilan Kwartir Pusat HW Jawa Tengah menyampaikan dalam sambutannya bahwa spirit yang ada di dalam penyelenggaraan ToF ini pastinya ingin mencetak pelatih yang hebat, kreatif, inovatif, dan terampil. Ia menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dari Kwartir Pusat HW Jateng atas ikhtiar yang sudah dilakukan Kwarwil HW Jawa Tengah.

Dr. KH. Tafsir, M.Ag. selaku Ketua PWM Jawa Tengah turut menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kwarwil HW Jawa Tengah; atas gerakan pembaharuan, tajid, reformis dan progresifnya dengan penyusunan Buku Panduan HW di kalangan PAUD.

“Suatu yang mungkin belum ada, dan inilah bagian dari kepeloporan HW Jawa Tengah; yang mungkin nanti akan jadi panduan atau rujukan HW di tingkat PAUD, HW di seluruh Indonesia, bahkan seluruh dunia. Sehingga inilah salah satu karakter Muhammadiyah,” ungkap Doktor Bidang Studi Islam UIN Walisongo Semarang ini.

Baca juga, IMM Karanganyar Selenggarakan DAM dengan Mengarusutamakan Gerakan Filantropi

Ia juga menyampaikan dalam sambutannya, empat karakter Muhammadiyah yang patut menjadi karakter para kader dan pimpinan di persyarikatan dan ortom, serta AUM, di antaranya : reformis, modernis, progresif dan moderat.

Kemudian Bunda Dr. Eny Winaryati, M.Pd. mewakili PWA Jawa Tengah menyampaikan apresiasi atas ikhtiar yang dilakukan oleh Kwarwil HW Jawa Tengah dan Majelis Dikdasmen PWA Jawa Tengah; sehingga agenda ToF HW PAUD ini dapat terlaksana.

“Kali ini kita ingin menggagas suatu perkenalan organisasi di tingkat yang paling dasar, di tingkat TK/PAUD. Luar biasa, itu suatu inisiatif yang luar biasa,” ungkap Dekan Fakultas MIPA Universitas Muhammadiyah Semarang ini.

Ia juga menyampaikan bahwa anak-anak PAUD yang notabenenya sedang berada pada usia golden age, yang mana fase usia ini adalah fase yang esensial untuk ditanamkan berbagai bentuk pendidikan, termasuk pendidikan karakter.

Kegiatan pembukaan ToF HW PAUD ini ditutup dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber-narasumber yang berkompeten di bidangnya. (mtu)

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE