AUMBerita

Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Lakukan Benchmarking untuk Peningkatan Layanan Kesehatan

PWMJATENG.COM, Semarang – Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan kesehatan, Pimpinan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), bersama dengan Dewan Pengawas (Dewas) dan Direktur Rumah Sakit Pendidikan Unimus (RSP), melaksanakan kegiatan benchmarking terkait Sistem Organisasi dan Tata Kelola (SOTK) serta Pengelolaan Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang (RS UMM), Selasa (14/11).

Tim studi banding dari Unimus tiba di RS UMM pada 10 November 2023, untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang tata kelola rumah sakit yang sukses dalam memberikan layanan kesehatan yang berkualitas. Kunjungan ini merupakan langkah strategis untuk memahami praktik terbaik dan strategi yang dapat diadaptasi oleh RSP Unimus.

Pertemuan diawali di Universitas Muhammadiyah Malang dan disambut oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si, beserta jajaran pimpinan UMM. Diskusi awal berkisar pada manajemen sumber daya manusia dan manajemen RS UMM. Sebagai Universitas Muhammadiyah yang besar, Unimus membawahi 8 Fakultas, 4 Pascasarjana, dan 38 Program Studi, serta memiliki RSP Unimus yang kini terdiri dari 3 tower.

Direktur RSP Unimus, dr. M Riza Setiawan, MOSH, menjelaskan keunggulan RSP Unimus, termasuk Uro Neutrology Center, Bedah Terpadu, dan Wellness and Beauty Center. RSP Unimus memiliki 270 unit tempat tidur dan 11 ruang operasi sesuai standar RS Pendidikan.

“RSP Unimus memiliki total 11 ruang operasi tersebar di Gedung A dan C dan di IGD sebagai salah satu standar RS Pendidikan dan menjadikan RSP Unimus menjadi salah satu tujuan layanan kesehatan bagi Masyarakat,” ungkap dr. M Riza Setiawan.

Kunjungan berlanjut ke RS UMM, di mana pimpinan Unimus diterima oleh Direktur RS UMM Prof. Dr. dr. Djoni Djunaedi, Sp.PD-KPTI, beserta jajaran direksi RS UMM. Pertemuan ini melibatkan serangkaian diskusi mengenai berbagai aspek pengelolaan manajemen rumah sakit.

Baca juga, Mari Turut Berpartisipasi pada Gerakan Infak Pendidikan Milad 111 Tahun Muhammadiyah!

Dr. Djoni Djunaedi menekankan pentingnya hubungan baik antara universitas dan RS UMM untuk menciptakan sinergi dalam pengelolaan rumah sakit. “Kami senang dapat berbagi pengalaman dan praktik terbaik kami dengan Unimus. Semoga kunjungan ini dapat membawa manfaat positif bagi perkembangan sektor kesehatan di kedua belah pihak,” ungkapnya.

Rektor Unimus, Prof. Dr. Masrukhi M.Pd, menyampaikan antusiasme tim Unimus dalam belajar dari pengalaman RS UMM. “Kami yakin bahwa kunjungan dan diskusi ini akan memberikan wawasan berharga yang akan membantu kami meningkatkan struktur organisasi dan layanan kesehatan RSP Unimus,” ujar Prof. Dr. Masrukhi M.Pd.

Kegiatan benchmarking ini diharapkan dapat menjadi langkah konkrit dalam upaya peningkatan sistem kesehatan di RSP Unimus. Unimus dan RS UMM berharap kunjungan ini akan membawa perubahan positif yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, menyediakan layanan kesehatan yang lebih baik dan efisien.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.