Berita

Unimus Gelar Workshop Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pembelajaran Kolaborasi Dosen dan Guru

PWMJATENG.COM – Semarang, Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di lingkungan Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) mengadakan Workshop Pembelajaran Kolaborasi‚ÄĚ. Kegiatan ini dilaksanakan pada tangal 15 Agustus 2018 dan diikuti guru mitra baik SD, SMP, SMK dan SMA.

Sebagian besar mitra adalah sekolah laboratorium yang berada di lingkungan Muhammadiyah Kota Semarang. Selain itu juga beberapa SMP dan SMA Negeri yang berada di lingkungan UNIMUS, seperti SMP Negeri 29 dan SMA Negeri 15 Semarang. Workhsop diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari 10 dosen program studi pendidikan Unimus. guru berapa sekolah di sekitar Unimus dan 30 guru serta kepala sekolah dari 5 sekolah mitra.

Workshop ini dilakukan untuk memberikan pencerahan pada guru dan dosen, untuk merefresh kembali cara pembelajaran yang dilakukannya melalui pembelajaran kolaborasi. Narasumber tunggal dalam Kegiatan ini adalah Dr.rar.Nat. Asep Supriatna, M.Si. pakar Lesson Study dari UPI Bandung.

Bahwasanya keberhasilan Pendidikan menjadi tanggungjawab seluruh kompenen yang ada. Perguruan Tingggi juga perlu mengethui bagaimana pembelajaran di jenjang Pendidikan sebelumnya dilakukan. Olehkarenanya dosen juga perlu mengetahui bagaimana guru mengajar. Hal inilah yang menjadi arah dari adanya program Dosen di Sekolah dilaksanakan, yang dikemas dengan istilah Program PDS. Ketua tim program PDS ini adalah Dr. Eny Winaryati, M.Pd. LPTK yang terlibat adalah: Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Kimia.

Kegiatan PDS adalah: perencanaan secara kolaborasi, pembelajaran kolaborasi, dan refleksi pembelajaran bersama. Pasca workshop akan dilaksanakan pembelajaran kolaborasi di sekolah. Sekolah yang ditetapkan adalah: SMP Muhammadiyah 9, SMA Muhammadiyah 1, SMK Muhammadiyah 1, dan SMA Negeri 15 Semarang. Nama dosen yang terlibat adalah; Dr. Eny Winaryati, M.Pd., Fitria Fatichatul H, M.Pd., Eko Andi Purnomo, M.Pd., dan Muhimmatul Ifadah, M.Pd. Luaran dari program PDS ini adalah: artikel yang disusun oleh masing-masing guru dan dosen, refleksi pembelajaran, poster pembelajaran, dan video pembelajaran. Kedepan produk-produk ini akan diserahkan pada sekolah, sehingga akan memberi kemanfaatan yang lebih serta dapat menambah poin akreditasi (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE