AUMBerita

Tips Terbaru! Elly Risman Bagikan Cara Menjadi Orang Tua Bestie Anak

PWMJATENG.COM, Surakarta – Dalam rangkaian Webinar Parenting SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta pada Minggu (18/2/2024), Elly Risman, Psi, seorang psikolog anak, berbagi tips tentang bagaimana menjadi sahabat terbaik (bestie) bagi anak-anak.

Dalam webinar yang bertajuk “My Parents-My Bestie” tersebut, Elly Risman mendorong para orang tua untuk memahami konsep menjadi bestie bagi anak. Dia mengajak ratusan peserta webinar, orang tua wali siswa, untuk berdiskusi aktif mengenai hal tersebut.

Menurut Elly Risman, menjadi orang tua bestie bukan sekadar menyediakan waktu berkualitas, melainkan juga memahami peran dan fungsi dalam pengasuhan anak. Ia menjelaskan bahwa menjadi bestie artinya membangun hubungan yang akrab, penuh kasih sayang, dan komunikatif dengan anak-anak.

“Orang tua harus bersikap tegas dan bijak dalam mengasuh anak. Itu tidak berarti menggunakan kekerasan, melainkan dengan kedekatan dan konsistensi,” ujar Elly Risman.

Dalam menjelaskan cara menjadi orang tua bestie, Elly Risman menekankan pentingnya menghindari gaya komunikasi yang buru-buru, menurunkan nada bicara, dan memahami bahasa tubuh anak. Dia juga menyoroti 12 gaya komunikasi yang perlu dihindari, seperti memerintah, menyalahkan, dan membandingkan.

Baca juga, Ketua PWM Jateng Tinjau Banjir Demak, Pastikan Layanan Muhammadiyah Terlaksana Optimal

Elly Risman juga menegaskan bahwa merumuskan tujuan pengasuhan anak sangat penting. Tujuan tersebut mencakup berbagai aspek, mulai dari menjadikan anak-anak sebagai hamba Allah yang bertakwa hingga menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam webinar tersebut, kepala sekolah, Muhdiyatmoko, M.Pd., menekankan pentingnya webinar parenting sebagai sarana untuk meningkatkan komunikasi antara orang tua dan anak. Dia juga menyoroti tantangan dalam memahami anak-anak yang sedang mengalami masa remaja.

Pandu Samudro, Branch Manager Bank Syariah Indonesia KC Solo Slamet Riyadi 1, turut memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Menurutnya, sinergi antara sekolah dan lembaga perbankan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran perbankan syariah di Indonesia.

Acara webinar parenting ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk orang tua siswa, alumni, serta guru dan karyawan Perguruan Muhammadiyah Kottabarat Surakarta.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE