Kabar DaerahPWA Jateng

Terungkap! Potensi Pengembangan Usaha di Jepara: Aisyiyah dan Astra Siap Bersinergi

PWMJATENG.COM, Jepara – PT Arrum Samudra Nusantara mengundang Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Tahunan Jepara untuk berpartisipasi dalam Focus Group Discussion (FGD) bertema “Studi Kelayakan Potensi Pengembangan Usaha di Kabupaten Jepara”. Acara ini diadakan di Aula Dinas Perikanan Kabupaten Jepara, Senin (3/6).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari tiga kelompok Poklahsar Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA) di Jepara. Hadir dari Poklahsar PRA Senenan, Swata Mina Al Hikmah, adalah Efa Setyaningrum; dari Poklahsar PCA Kecapi, Swata Mina Al Muttaqin, adalah Peni Retnawati dan Suratmi; serta dari Poklahsar PRA Tahunan, Swata Mina Istiqomah, adalah Isra dan Liscorini.

Acara dibuka oleh Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPAP) Jepara, Supito. Dalam sambutannya, Supito menyatakan, “Kami menyambut baik kegiatan ini dan akan berusaha siap berkoordinasi apabila diperlukan.”

Deny Ana I’tikafia, Kabid Usaha Peningkatan Mutu Hasil Perikanan Kabupaten Jepara, juga menyampaikan dukungannya. “Acara ini melibatkan Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar), Kelompok Budidaya Perikanan (Pokdakan), dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang merupakan binaan Dinas Perikanan. Saat ini, DSA membina tiga kluster yaitu pengolahan, nelayan, dan rumput laut yang saling terkait satu dengan lainnya,” tuturnya.

Baca juga, Ramai Pemberian IUP kepada Ormas Keagamaan, Ini Tanggapan Ketua PWM Jawa Tengah

Peluncuran Program Desa Sejahtera Astra (DSA) yang dikelola oleh PT Arrum Samudra Nusantara dipandu oleh Direktur Utama PT Arrum Samudra Nusantara, Rica Dwi Cahyanti. Diskusi dilanjutkan dengan fasilitator DSA, Abdul Hamid. Dalam diskusi ini, Peni Retnawati bertanya, “Bagaimana caranya agar ibu rumah tangga bisa berusaha di rumah secara daring/online, sehingga bisa menambah penghasilan keluarga?”

Sebelum acara ditutup, Abdul Hamid memperkenalkan Supervisor DSA, Adnin Jasmine, yang nantinya akan mendampingi semua peserta di Jepara. Abdul Hamid juga menjelaskan bahwa tahap awal akan segera dibuat jadwal selama empat bulan mendatang untuk “membuat rumah produksi dan retord, yaitu teknologi pengemasan tahan lama di suhu ruang,” ujarnya. “Ke depan, oleh Astra akan difasilitasi pembentukan koperasi sebagai wadah untuk dikelola bersama,” imbuhnya.

Acara ini diharapkan dapat mempererat sinergi antara Poklahsar Aisyiyah dan Astra dalam mengembangkan potensi usaha di Kabupaten Jepara. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan usaha yang profesional dan berkelanjutan.

Pertemuan tersebut tidak hanya menjadi ajang diskusi tetapi juga sarana untuk menjalin silaturahmi dan kerjasama antara berbagai pihak yang terlibat. Harapannya, melalui dukungan dan koordinasi yang baik, potensi pengembangan usaha di Jepara dapat dioptimalkan, membantu mustahik bertransformasi menjadi muzaki, serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Kontributor : Denny Ana I’tikafia
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE