BeritaPWM Jateng

Tafsir: Pancasila Adalah Pijakan Kita dalam Berbangsa dan Bernegara

PWMJATENG.COM, Semarang – Sabtu (1/6), Indonesia kembali merayakan Hari Lahir Pancasila, sebuah momentum penting bagi seluruh bangsa. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Tafsir, memberikan pesan-pesan khusus kepada masyarakat, terutama warga dan simpatisan Muhammadiyah.

Dalam sambutannya, Tafsir menegaskan pentingnya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Muhammadiyah telah menetapkan negara Pancasila sebagai Darul ‘Ahdi wa Syahadah, yakni negara yang dibangun atas perjanjian, komitmen, dan persaksian atau bukti,” ujarnya. Menurutnya, Pancasila bukan hanya sekadar dasar negara, tetapi juga sebuah komitmen yang harus diwujudkan dalam tindakan nyata oleh seluruh bangsa Indonesia.

Tafsir mengingatkan bahwa nilai-nilai Pancasila perlu diimplementasikan secara konkret dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kini kita semua butuh bukti dalam berkomitmen mengamalkan nilai-nilai Pancasila tersebut,” tambahnya. Hal ini menunjukkan bahwa setiap individu memiliki tanggung jawab untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap Pancasila melalui tindakan nyata yang mencerminkan nilai-nilai kebangsaan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial.

Pesan Tafsir ini menyoroti peran penting masyarakat dalam menjaga dan menerapkan nilai-nilai Pancasila. Ia juga menggarisbawahi bahwa Muhammadiyah, sebagai organisasi yang memiliki komitmen kuat terhadap Pancasila, terus berupaya memajukan bangsa dengan mengedepankan prinsip-prinsip yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

Baca juga, Mengapa Paham Salafi Mudah Masuk di Muhammadiyah?

Dalam konteks ini, Muhammadiyah melihat negara Pancasila sebagai platform yang memungkinkan keberagaman dan kesatuan berjalan beriringan. Tafsir menyampaikan bahwa setiap warga negara, khususnya anggota Muhammadiyah, harus menjadi teladan dalam mengamalkan Pancasila. “Pancasila adalah pijakan kita dalam berbangsa dan bernegara. Komitmen ini harus terlihat dalam setiap aspek kehidupan kita,” tegasnya.

Dengan pesan yang disampaikan oleh Tafsir, diharapkan masyarakat semakin memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Momentum Hari Lahir Pancasila ini bukan hanya untuk mengenang sejarah, tetapi juga untuk memperkuat komitmen dan aksi nyata dalam menjaga keutuhan serta kemajuan bangsa Indonesia.

Perayaan Hari Lahir Pancasila ini mengingatkan kita semua akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menghadapi berbagai tantangan zaman. Tafsir berharap bahwa semangat Pancasila akan terus menyala di hati setiap warga negara, membimbing mereka menuju masa depan yang lebih baik dan berkeadilan.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE