BeritaKabar Daerah

Tabligh Akbar dan Penanaman 2000 Pohon Aren: PCM Kaliwiro dan Lazismu Beraksi untuk Lingkungan!

PWMJATENG.COM, Wonosobo – PCM Kaliwiro menggelar Tabligh Akbar dan seremoni penanaman 2000 pohon aren pada Ahad (21/1) sebagai bagian dari program Lazismu. Upaya ini tidak hanya sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, tetapi juga langkah strategis dalam konservasi lahan kritis di Kecamatan Kaliwiro dan Wadaslintang.

Penanaman pohon aren dipilih karena memiliki banyak keunggulan, seperti hidup pada lahan kritis, akar tunjang yang kuat, minim unsur hara, dan beradaptasi baik di Wonosobo. Program ini merupakan hasil kolaborasi antara Lazismu, Asosiasi Aren Nusantara (Aren), dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Wonosobo. Hadir dalam kegiatan ini sejumlah tokoh, di antaranya Dr. KH. Tafsir, M.Ag., Ketua PWM Jateng, Bambang WEN, Ketua PDM Wonosobo, Hermawan Ani Moro, Camat Kaliwiro, dan Adib Nurhadi, Ketua Asosiasi Aren Nusantara.

Ketua PDM Wonosobo, Bambang Wen, menyampaikan kebanggaannya terhadap program penanaman pohon aren ini. “Saya sangat bangga dengan adanya program Penanaman 2000 pohon aren ini karena dapat berfungsi secara ekologis dan ekonomis,” ungkapnya. Wen menambahkan manfaat ekologis pohon aren sebagai penahan air, sementara manfaat ekonominya dapat dirasakan dalam 10 tahun ke depan dengan hasil panen yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca juga, Hisab: 1 Ramadan 1445 H Jatuh pada 11 Maret 2024, 1 Syawal Jatuh pada 10 April 2024

Adib, Ketua Asosiasi Aren Nusantara (AREN), mengucapkan terima kasih kepada Lazismu dan semua pihak yang mendukung program konservasi penanaman 2000 pohon aren di Kaliwiro dan Wadaslintang. Ia juga menekankan manfaat sejuta pohon aren untuk lingkungan dan ekonomi masyarakat setempat.

Manajer Program Lazismu Jawa Tengah, Kukus, yang hadri dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Adib dan Aren Nusantara sebagai inisiator program tersebut. “Semoga apa yang Lazismu berikan dapat memberikan kebermanfaatan untuk para penerima manfaat,” ujar Kukus.

Camat Kaliwiro, yang mewakili Bupati Wonosobo, menyampaikan harapannya terhadap program ini. “Harapan kami dengan adanya penanaman 2000 pohon aren ini adalah dapat bermanfaat secara ekologi dan ekonomi. Secara ekologi, dapat membantu mencegah bencana, salah satunya tanah longsor. Secara ekonomi, dapat mengangkat perekonomian warga di Kaliwiro.”

Ketua PWM Jawa Tengah, Dr. KH. Tafsir, M.Ag., pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kita tidak boleh mengabaikan alam, karena alam juga bagian dari ketergantungan kita.

“Setelah kita tergantung kepada Allah, yang kedua kita tergantung pada alam. Maka jangan abaikan harmoni alam,” ucap Kiai Tafsir.

Ia menambahkan, kerja sama antara PDM Wonosobo, PCM Kaliwiro, dan Asosiasi Aren Nusantara merupakan upaya yang sangat baik dalam upaya membangun kembali kawasan alam. Penanaman aren ini tidak hanya memiliki nilai ekologis, namun juga teologis dan ekonomis.

“Mudah-mudahan pohon aren yang kita tanam hari ini bisa tumbuh subur dan bermanfaat bagi semuanya,” pungkasnya.

Dengan tabligh akbar dan penanaman pohon aren ini, PCM Kaliwiro dan Lazismu menunjukkan komitmen nyata dalam mengatasi tantangan lingkungan sambil memberdayakan ekonomi masyarakat. Semoga upaya ini menjadi inspirasi bagi wilayah lain untuk ikut serta dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan bersama.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE