SMK Muhammadiyah Kramat Implementasi Link And Match Melalui Kunjungan Industri

Para Guru SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal Mendampingi para siswa.

PWMJATENG.COM –Kramat -SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal  terus berupaya untuk menyiapakan siswa-siswinya agar mampu menjadi aset bangsa yang dapat terlibat dalam pembangunan di masa depan. Banyak kegiatan yang telah dilaksanakan salah satunya adalah program kerja sekolah tahunan yaitu kegiatan kunjungan industri dengan tujuan untuk mengembangkan wawasan siswa terhadap dunia kerja. Dengan kunjungan industri siswa akan belajar mengenal kegiatan-kegiatan yang ada di industri, siswa akan melihat proses kerja yang dilakukan karyawan, siswa dapat belajar bagaimana prosedur operasi standar yang harus dilakukan oleh seorang karyawan.

Kunjungan Industri dilaksanakan pada jenjang X atau siswa kelas sepuluh karena kegiatan ini bertujuan untuk  membekali  mereka sebelum mengikuti kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) yang akan dilaksanakan di kelas sebelas. Melalui pengenalan industri atau perusahaan ini diharapkan mereka nanti saat melaksanakan  PRAKERIN para siswa  tidak canggung lagi. Karena pada Prakerin yang dilaksanakan selama tiga bulan, siswa kelas sebelas harus belajar tidak dalam pengasuhan bapak ibu guru, tetapi mereka harus belajar mandiri dan bekerjasama dengan karyawan perusahaan dan mereka harus mampu menampilkan pribadi layaknya seorang karyawan.

BACA JUGA  Berorganisasi Hakikatnya Adalah Menimba Ilmu

Kartiningsih DM, S. Pd selaku ketua panitia kegiatan Kunjungan Industri ke X tahun 2019 SMK Muhammadiyah Kramat (MUHAMKA) menyampaikan, “ Bahwa siswa kelas sepuluh yang mengikuti KI sebanyak 436 siswa. Sedangkan pendamping kegiatan ditugaskan bapak ibu guru dan karyawan sejumlah 25 orang. Kunjungan Industri tahun ini dilaksanakan pada 10, 11 dan  16 April 2019. sepuluh seperti yang di ungkap Afif Mu’zi, SHI yang juga sekretaris pelaksana KI tahun ini.

Adapun tujuan KI tahun ini adalah kebeberapa perusahaan yang ada di daerah Jakarta dan Bogor. Ada enam perusahaan yang di kunjungi yaitu PT. Panasonic Manufacturing indonesia yang dikhususkan untuk  kompetensi keahlian teknik Audio Video (TAV). PT. MNC Animation untuk kompetensi keahlian Multi Media (MM). PT. United Tractor  untuk kompetensi Teknik Pemesian (TPM). PT Kawasaki untuk kompetensi Teknik Kendaraan Ringan (TKR) untuk kelas X TKR 1 dan TKR 2. PT. Suzuki untuk kompetensi Teknik Kendaraan Ringan (TKR) untuk kelas X TKR 3, TKR 4 dan TKR 5. Sementara untuk kompetensi Teknik Bisnis Sepedah Motor Honda (TBSM Honda) melakukan kunjungan di PT. Astra Honda Motor (AHM) Jakarta yang merupakan sekolah binaan dari PT. AHM itu sendiri.

BACA JUGA  IPMawati Devy usung Spirit Berkolaborasi Wujudkan Pelajar yang Tanggap

Selain kunjungan industri kami juga membawa para siswa  untuk mengembangkan wawasannya pada tempat-tempat peninggalan sejarah bangsa diantaranya adalah Masjid Terbesar d Asia yaitu Masjid Istiqlal, masjid At-Tiin serta taman impian jaya ancol, dengan kegiatan ini kami berharap akan memupuk rasa cinta tanah air dan menghayati perjuangan dan keagungan peninggalan nenek moyang bangsa, tutur ibu Titin. ( H.A)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts