AUMBerita

Siswa SMP Mutual Raih Juara 2 di FLS2N! Latihan 2 Bulan Berbuah Manis

PWMJATENG.COM, Kota Magelang¬†‚ÄstPrestasi membanggakan diraih oleh siswa-siswa berbakat SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang. Tim Musik Tradisional mereka berhasil meraih Juara 2 dalam Lomba FLS2N Tingkat Kota Magelang, setelah berlatih keras selama dua bulan sepulang sekolah.

Nurul Fadhilah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Talenta, menyampaikan bahwa perjuangan para siswa ini tidak sia-sia. “Ini bagian dari langkah pemetaan potensi siswa untuk mewujudkan program sekolah ‘One Student One Champion’,” katanya, Sabtu (6/7/24). Ia juga menambahkan bahwa sekolah telah memetakan potensi siswa dan mencarikan ruang lomba untuk mengasah bakat mereka.

Saat ditemui wartawan, Kepala Sekolah SMP Mutual, Wasi’un, mengapresiasi capaian siswanya. “Sekolah sudah memberikan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kepada wakil untuk bertugas sesuai dengan fungsinya,” ungkapnya. Wasi’un menjelaskan bahwa struktur wakil kepala sekolah di SMP Mutual berbeda. “Sekolah swasta harus punya keunikan untuk bersaing dengan sekolah lain. Salah satunya, kami membuat posisi wakil kepala sekolah bidang talenta untuk menggenjot visi dan misi sekolah, termasuk prestasi melalui bakat siswa,” tambahnya.

Yusuf Egane, salah satu anggota tim musik tradisional, berbagi pengalamannya. “Saya mulai menekuni bakat ini sejak masuk di SMP Mutual. Awalnya tidak pernah tertarik, tapi karena latihan terus, jadi suka dan akhirnya berbuah prestasi,” ujarnya. Ia juga menyatakan rasa senangnya, “Rasanya senang sekali, setelah latihan terus akhirnya membawa pulang piala.”

Baca juga, Muhammadiyah dan Masa Depan Negara

Program “One Student One Champion” merupakan inisiatif SMP Mutual untuk memetakan dan mengembangkan potensi setiap siswa. Dengan program ini, setiap siswa diharapkan bisa menemukan dan mengasah bakatnya hingga mencapai prestasi di berbagai bidang. Nurul Fadhilah menekankan pentingnya memberikan ruang bagi siswa untuk berkompetisi dan berprestasi.

Keberhasilan Tim Musik Tradisional SMP Mutual tidak lepas dari strategi sekolah yang fokus pada pengembangan bakat siswa. Wasi’un menegaskan, “Sekolah harus terus mencari cara untuk mengembangkan potensi siswa agar bisa bersaing di berbagai kompetisi.” Dengan struktur organisasi yang unik dan perhatian khusus pada pengembangan talenta, SMP Mutual berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung prestasi siswa.

Kemenangan di FLS2N menjadi bukti nyata dari kerja keras dan dedikasi para siswa serta dukungan penuh dari pihak sekolah. Keberhasilan ini juga diharapkan dapat memotivasi siswa lainnya untuk terus mengembangkan bakat dan meraih prestasi.

Kontributor : Fury Fariansyah
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE