AUMBerita

SILAT APIK PTMA 2024: Sarana Integrasi dan Peningkatan Kompetensi Dosen dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi PTMA Se-Indonesia

PWMJATENG.COM, Surakarta – Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Karanganyar (UMUKA) untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara Silaturahmi Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (SILAT APIK-PTMA).

SILAT APIK 2024 akan berlangsung pada 28-29 Februari mendatang. Pada tanggal 28 Februari, acara pembukaan dan kongres APIK PTMA serta workshop dan kompetisi mahasiswa akan diadakan di Gedung Auditorium Mohamad Djazman UMS. Pada hari berikutnya, pemberian penghargaan dan penutupan SILAT APIK PTMA akan dilakukan di Edutorium K.H Ahmad Dahlan UMS.

SILAT APIK merupakan kegiatan yang melibatkan tidak hanya dosen, tetapi juga mahasiswa Ilkom dari berbagai Universitas Muhammadiyah dan Aisyiah di Indonesia. Tujuan utamanya adalah mempererat hubungan antar perguruan tinggi dalam memperkuat pembelajaran dan kompetensi mahasiswa, penelitian, serta pengabdian masyarakat secara kolaboratif. Kegiatan ini pertama kali diinisiasi oleh Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) pada tahun 2017.

“Antusiasme dosen dan mahasiswa terhadap kegiatan ini cukup tinggi. Diperkirakan sekitar 150 mahasiswa dan 200 dosen dari 35 Program Studi Ilmu Komunikasi di bawah naungan APIK-PTMA dari seluruh Indonesia akan berpartisipasi,” ungkap Agus Triyono, M.Si, Ketua Panitia Penyelenggara, Rabu (21/2).

Pada tahun 2024 ini, SILAT APIK mengusung tema “Society and Communication in The Digital Era”.

Baca juga, Muhammadiyah Jateng Serahkan Bantuan untuk Penanganan Banjir Bandang di Demak

Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi UMS, Sidiq Setyawan, M.I.Kom., menjelaskan bahwa pemilihan tema tersebut didasarkan pada pentingnya peran komunikasi dalam era masyarakat digital, yang berdampak besar terutama dalam konteks pendidikan perguruan tinggi.

“Tema ini dipilih untuk menekankan bahwa masyarakat berada di atas teknologi digital, karena manusia harus bertanggung jawab dalam mengendalikan teknologi,” ujar Sidiq.

Selain melibatkan dosen Ilmu Komunikasi, kegiatan ini juga akan mengikutsertakan mahasiswa dan siswa SMA/SMK. Rangkaian acara termasuk kompetisi bagi mahasiswa dan siswa SMA/SMK, seperti lomba fotografi, konten digital, dan e-sport. Selain itu, terdapat workshop, kongres, penandatanganan MOU kelembagaan, dan sesi pemberian penghargaan.

“Kami menyelenggarakan lomba ini untuk meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik mahasiswa,” tambah Kaprodi Ilkom UMS.

Mengingat skala nasional kegiatan ini melibatkan banyak Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah di seluruh Indonesia, Sidiq Setyawan menegaskan bahwa manfaatnya tidak hanya untuk UMS, tetapi juga untuk seluruh PTMA yang terlibat.

“Kami berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa, serta memicu kolaborasi antar PTMA, sebagai wadah penyatuan dan peningkatan yang memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat,” tambahnya.

Kontributor : Maysali
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE