Serentak se-Gugus II RA. Kartini Deklarasi Sekolah Ramah Anak

Serentak se-Gugus II RA. Kartini Deklarasi Sekolah Ramah Anak
Serentak se-Gugus II RA. Kartini Deklarasi Sekolah Ramah Anak

PWMJATENG.COM, SOLO – Di tengah pandemi Covid-19, se-Gugus II RA Kartini Koordinator Wilayah III Kecamatan Banjarsari membacakan naskah deklarasi yang dipimpin Hj Sri Sayekti Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Jum’at (26/2/2021)

Ketua Gugus II Suro, dengan melaksanakan Sekolah Ramah Anak (SRA) diharapkan sekolah mampu menjadi rumah kedua yang aman, bersih sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainnya.

“Sekolah ramah anak, upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama 8 jam anak berada di sekolah,” ucap Suro dalam sambutannya.

Diikuti oleh semua peserta di masing-masing sekolah di depan Priyono SPd MPd Kasi Kurikulm Bidang SD Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Reni Andri Lestari ST MT Kabid Perlindungan Anak dan Pemberdayaan masyarakat Kota Surakarta serta di hadiri perwakilan komite sekolah, presiden republik aeng-aeng Mayor Haristanto. Dilanjutkan dengan penandatanganan lembar deklarasi.

BACA JUGA  Mider Praja Live Channel Youtube Radio Solo Belajar

“Deklarasi sekolah ramah anak merupakan tahapan awal,” kata Suro sambil tersenyum.

Suro memaparkan SRA bertujuan mencegah kekerasan terhadap anak dan warga sekolah lainnya. Mencegah anak mendapatkan kesakitan karena keracunan makanan dan lingkungan yang tidak sehat. Mencegah kecelakaan di sekolah yang disebabkan prasarana maupun bencana alam. Mencegah anak menjadi perokok dan pengguna napza.

“Menciptakan hubungan antar warga sekolah yang lebih baik, akrab dan berkualitas. Memudahkan pemantauan kondisi anak selama anak di sekolah, memudah mencapai tujuan pendidikan dan anak terbiasa dengan pembiasaan yang positif,”paparnya.

Sementara itu, Jatmiko anggota pelaksana bidang koordinasi dan sosialisasi berharap semoga setitik bakti model Sekolah Ramah Anak bisa memuncul Manusia Pembangunan Indonesia (MPI) berkemajuan dan berkeadaban baik era industri 4.0 menju era society 5.0.

BACA JUGA  UMP Tergerak, Bantu Korban Musibah Tanah Bergerak

“Harapan kita semoga mampu mengantarkan peserta didik ke masa depan yang hebat. Khusus SD Muh 1, sudah ada SK Kepala Sekolah Nomor 281/III.4AU/A/II/2021 tim pelaksana sekolah ramah anak masa bakti tahun 2021-2024 dengan pembina Etty Retnowati SH MH Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo,”pungkasnya.

Humas, Jatmiko.

Total
24
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts