AUMBerita

SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta Gelar Octofest 2023

PWMJATENG.COM, Surakarta – SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta menggelar kegiatan Octofest (October Festival) yang diikuti 140 murid KB-TK se-Solo Raya di hall sekolah, Sabtu (21/10/2023).

Octofest merupakan ajang perlombaan tahunan yang didesain dalam dua kategori perlombaan, yaitu internal untuk kalangan murid SD Muhammadiyah PK Kottabarat dan eksternal untuk murid KB-TK se-Solo Raya.

Nursalam, selaku Kepala SD Muhammadiyah PK Kottabarat, mengungkapkan tujuan diselenggarakan kegiatan ini sebagai wahana para murid meningkatkan potensi dan mengembangkan kemampuan berkompetisi dalam bidang sains, seni, dan keterampilan berbahasa.

“Tahun ini tema yang diangkat adalah Siap Berkompetisi untuk Bangkitkan Kreativitas. Harapannya, para peserta lomba dapat melatih rasa percaya diri ketika berlomba dengan teman sejawat. Alhamdulillah tahun ini bisa dilaksanakan secara luring,” ungkapnya.

Kegiatan Octofest berlangsung selama bulan Oktober. Lomba internal dilaksanakan selama dua pekan dengan delapan kategori lomba, yaitu Lomba Cerdas Cermat (LCC) Pancasila dan Sosial, LCC 3 Bahasa (Arab, Inggris, Jawa), Kompetisi Sains Internal (KOMSI), kaligrafi, mendongeng, pidato, solo vokal, dan majalah dinding.

Sedangkan, lomba eksternal dibagi menjadi empat kategori lomba, yaitu mewarnai, spelling bee, solo vokal, dan doa harian. Lomba eksternal ini menjadi puncak perayaan kegiatan Octofest untuk tahun ini.

Ketua panitia Octofest, Agus Supardi, menyampaikan lomba eksternal ini diadakan untuk memberi kesempatan kepada murid KB-TK mengembangkan kreativitas yang dimilikinya serta menjadi wadah silaturahmi antarwali murid KB-TK se-Solo Raya.

Baca juga, Majelis Tabligh PWM Jateng Mengukuhkan Kepengurusan Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) Jawa Tengah

“Tak disangka, antusias peserta lomba eksternal sangat luar biasa, total ada 140 peserta terdiri dari 58 peserta lomba mewarnai, 49 peserta lomba doa harian, 23 peserta lomba menyanyi, dan 10 peserta lomba spelling bee,” terangnya.

Puncak pagelaran Octofest diawali dengan pembukaan dan sambutan di aula sekolah. Para peserta diberi arahan dan teknis pelaksanaan lomba. Lomba solo vocal bertempat di hall sekolah, lomba mewarnai bertempat di Ruang An Nafi’, lomba spelling bee dan doa harian berada di ruang kelas 1A dan 1B.

Lomba eksternal Octofest ditutup dengan pengumuman juara serta penampilan apik dan menarik dari peserta ekstrakurikuler musik SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta.

Muhamad Elshakil Fahlevi, salah satu peserta lomba spelling bee, mengaku sangat senang dapat mengikuti mengikuti lomba Octofest.
” Alhamdullilah, aku mendapatkan juara II. Senang sekali pulang membawa piala, uang pembinaan sebesar Rp 250.000,00, dan piagam penghargaan,” tambahnya.

Kontributor : Nikmah Hidayati
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.