Berita

SD Muhammadiyah 1 Solo Gandeng Tim Al Husna untuk Metode Pembelajaran Al-Qur’an Super Cepat dan Menyenangkan!

PWMJATENG.COM, Surakarta – Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Solo, Jawa Tengah, kembali menggelar Baitul Arqom bertema pemantapan metode Al-Husna. Acara ini, yang dihadiri oleh seluruh dewan guru dan karyawan sekolah, menjadi momen spektakuler dengan kehadiran Tim Al Husna Indonesia, Rabu (27/12).

Pada kesempatan yang berlangsung di Aula Agro Amanah Karanganyar, Jawa Tengah, SDM 1 Solo memfokuskan tema kegiatan pada penerapan membaca Al-Qur’an dan ibadah untuk mewujudkan ismubaristik. Metode Al-Husna yang telah digunakan sejak 1935 ini menjadi sorotan utama, dan Fajar Santoso dari Tim Al Husna Indonesia memberikan penjelasan mendalam.

Fajar Santoso memaparkan variasi metode pembelajaran Al-Qur’an, termasuk Al-Mahir, Qira’ati, Iqra’, dan yang menjadi andalan, yaitu Al-Husna. Menurutnya, kelebihan metode Al-Husna terletak pada kemudahan, kecepatan, praktis, dan ketepatan dalam pembelajaran. “Metode ini dapat digunakan oleh semua usia, mulai dari balita hingga manula, menggunakan teknik Scaning-Story-Saying dengan susunan sistematik dan aplikatif,” jelasnya.

Baca juga, Tahniah! Bendahara PWM Jateng Raih Top Leader of the Year dari Jawa Pos Radar Solo

Fajar menjelaskan prinsip-prinsip metode Al-Husna, mencakup kemudahan, kegembiraan, serta pelafalan yang optimal. Adapun strategi pembelajarannya terdiri dari tingkat dasar, tilawah juz’i, tahsin qira’ah, hingga tingkat talaqqi.

“Penting untuk dicatat bahwa keberhasilan metode pembelajaran Al-Qur’an dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk kemampuan mengajar guru, partisipasi siswa, lingkungan, materi yang mendukung, dan tujuan yang ingin dicapai,” tambahnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh 70 guru dan karyawan, termasuk Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Kurikulum, Humas, Sarana dan Prasarana. Pimpinan Majelis Pendidikan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta, Drs H Harminto, membuka acara yang turut dihadiri oleh pengawas gugus II RA Kartini Korwil III Kecamatan Banjarsari, H Kartono MPd.

Dengan menggandeng Tim Al Husna Indonesia, SDM 1 Solo berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an dengan metode yang efektif dan menyenangkan bagi siswa. Kegiatan ini menjadi langkah positif dalam penguatan karakter dan literasi keagamaan siswa, menciptakan generasi yang tangguh di masa depan.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE