SD Aisyiyah Slawi adakan Bimbingan Psiko Edukatif

0
332

PWMJATENG.COM, TEGAL – Perkembangan optimal bukan sebatas tercapainya prestasi sesuai dengan kapasitas intelektual, minat, dan bakat yang dimiliki, melainkan sebagai sebuah kondisi perkembangan yang memungkinkan peserta didik mampu menunjukkan perilaku yang sehat dan bertanggung jawab serta memiliki kemampuan adaptasi dan sosialisasi yang baik.

Situasi kehidupan pada abad ke-21 ini sangat penuh tantangan dan persaingan di samping tersedianya peluang bagi yang memiliki kompetensi hidup, berupa kapasitas fisik, mental, serta intelektual. Pengembangan kompetensi hidup memerlukan sistem layanan pendidikan pada satuan pendidikan yang tidak hanya mengandalkan layanan pembelajaran dan manajemen saja, tetapi juga menyediakan layanan khusus yang bersifat psiko-edukatif.

Oleh hal itu pada sabtu 11/8 SD Aisyiyah Slawi adakah bimbingan psiko edukatif yang di ikuti oleh Dewan Guru SD Aisyiyah Slawi beserta wali murid.

Wahyudi selaku kepala SD Aisyiyah Slawi menuturkan bahwa kegiatan bimbingan Psiko Edukatif atau yang lebih kita kenal dengan bimbingan konseling merupakan komitmen sekolah karena peserta didik memerlukan kesiapan untuk mengikuti proses pembelajaran. Karena rentang usia yang panjang antara peserta didik kelas satu sampai dengan kelas enam, dimungkinkan muncul berbagai masalah yang berkaitan dengan ciri pertumbuhan dan perkembangan pada tiap usia.
Terdapat perbedaan individu dalam aspek kecerdasan, kepribadian, bakat, minat, kondisi fisik, latar belakang keluarga, lingkungan tempat tinggal, tradisi, adat, dan budaya.

Lebih lanjut Beliau menyatakan Perbedaan kondisi tersebut menggambarkan adanya variasi kebutuhan pengembangan secara utuh dan optimal yang harus difasilitasi oleh guru melalui layanan bimbingan yang bersifat psiko-edukatif.

Sementara itu Ibu Khanifah selaku wali murid menyampaikan bahwa kegiatan Psiko Edukatif ini sangat bermanfaat untuk kita selaku wali murid, kita jadi tahu perkembangan putra / putri kita selama sekolah di SD Aisyiyah Slawi, lebih lanjut beliau menuturkan bahwa selama anaknya sekolah di SD Aisyiyah Slawi kami selaku wali murid setiap harinya mendapatkan informasi tentang perkembangan anak kami, ini sangat membantu sekali kita selaku orang tua agar dapat meneruskan pendidikan di rumah. (Hendra /whyu)