AUMBerita

Santri MBS Zam Zam Muhammadiyah Cilongok Berprestasi dalam Ajang KEYS 2023

PWMJATENG.COM, Kuala Lumpur – Santri Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah (MBS) Zam Zam Muhammadiyah Cilongok-Banyumas, Jawa Tengah, yang berasal dari Kota Serang, Banten, meraih prestasi gemilang dalam ajang International Essay Competition and Conference pada acara Kuala Lumpur Entrepreneur Youth Summit (KEYS) 2023, yang berlangsung di kampus Internasional Islamic University Malaysia pada tanggal 18-20 September 2023.

Delegasi bernama Haudh Al Maa’uun, yang merupakan siswa kelas XI-2, mempresentasikan esai berbahasa Inggris dengan tema “Building Micro-Small Entrepreneurship Collaboration on International Islamic Boarding Schools (Indonesia-Malaysia).” Melalui esainya, Haudh menggambarkan perbedaan mendasar antara pondok pesantren di Indonesia dan Malaysia, khususnya dalam hal pendekatan pembangunan dan pendidikan.

Sementara pesantren di Indonesia cenderung mengembangkan pendekatan dari bawah atau masyarakat (bottom-up) dalam membangun segala sesuatu, termasuk basis kewirausahaan, pesantren di Malaysia lebih mendapat dukungan dan perhatian pemerintah (top-down), yang fokus pada kegiatan pembelajaran agama. Namun, Haudh berpendapat bahwa kolaborasi antara pesantren kedua negara melalui program pemberdayaan ekonomi dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat sekitar pesantren.

Sebagai contoh, beberapa pesantren di Indonesia, termasuk di Zam Zam Muhammadiyah Cilongok, telah berhasil mengembangkan produk-produk seperti depot air mineral kemasan dengan merek “Tilanta” dan LOGMART, yang memberikan nilai tambah bagi kewirausahaan di pesantren dan masyarakat sekitarnya. Haudh berharap bahwa kolaborasi antara pesantren kedua negara dapat semakin erat dengan mendukung dan menerima produk yang dihasilkan oleh masing-masing pesantren.

Baca juga, Mencari Circle Positif Melalui Muhammadiyah

Ustaz Arif Fauzi, Lc., M.Pd, selaku Mudir Zam Zam Muhammadiyah Cilongok, menyampaikan pesan kepada Haudh agar dapat berkompetisi dengan baik dan memperoleh pengalaman berharga dalam ajang internasional. Sementara itu, Ustaz Pandi Yusron, B.Sh., MH, selaku Kepala SMA MBS Zam Zam, memberikan selamat atas prestasi internasional yang diraih oleh Haudh, serta menegaskan dukungan sekolah terhadap kegiatan yang dapat mempromosikan nama baik pesantren di kancah internasional.

Harun Masykur, M.Si, yang merupakan Kepala Program Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daarut Tauhid (DT) Peduli, memberikan apresiasi dan dukungannya kepada Pelajar Unggul asal Banten, seperti Haudh, melalui pemberian beasiswa. Beasiswa ini diharapkan dapat memotivasi dan memberikan pengayaan kepada santri lainnya untuk meningkatkan literasi menulis dan membaca, membuka berbagai peluang di berbagai kompetisi internasional.

Haudh, yang merupakan satu-satunya santri dalam ajang internasional ini, menegaskan bahwa meskipun bersaing dengan mahasiswa dari berbagai sekolah, kampus, dan negara, ia tetap akan memberikan kontribusi terbaiknya. Ia juga berencana untuk mempersiapkan penelitian kecil yang dapat dipresentasikan dalam seminar internasional terkait Sains Aktuaria dan Implementasinya pada Pondok Pesantren dan Ekonomi Islam, serta dipublikasikan dalam jurnal internasional bergengsi.

Haudh mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tuanya, Pesantren Zam Zam Muhammadiyah Cilongok, Daarut Tauhid (DT) Peduli, dan Lembaga Zakat, Infak, dan Sedakah Muhammadiyah (LAZISMU) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA atas dukungan dan bimbingannya. Ia berharap agar para donatur dan dermawan selalu diberikan kesehatan dan keberkahan dalam semua aktivitas mereka.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.