Roemani, Nama RS Muhammadiyah dari Tokoh NU

RS Roemani, Nama RS Muhammadiyah dari Tokoh NU
RS Roemani, Nama RS Muhammadiyah dari Tokoh NU

PWMJATENG.COM, SEMARANG – Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah adalah salah satu rumah sakit di Kota Semarang Jawa Tengah Indonesia. Tepatanya berada di Jalan Wonodri No 22 Kota Semarang Jawa Tengah. Saat ini, Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah masuk kelompok tipe C dan sedang preses naik ke tipe B. Rumah sakit ini berdiri pada tanggal 27 Agustus 1975 ( 19 Syaban 1395 H ) dengan No/Tgl. Akte : J.A.5/160/4 tanggal 8 September 1971.

Letak Rumah Sakit Rumani Muhammadiyah bersebelahan dengan gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah serta gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Semarang. Rumah sakit yang memiliki tagline ‘Rumah Sehat Keluarga Islami’ ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan pelayanan kesehatan yang memadai.

BACA JUGA  KH Tafsir : Teratai Muhammadiyah; Teruslah Mekar di “comberan”

Lokasinya berada di pusat kota Semarang yang berdekatan dengan UNDIP dan Politeknik Ilmu Pelayaran. Juga tidak jauh dari Simpang Lima Semarang dan Kantor Gubernur Jawa Tengah, Mapolda Jateng, dan Kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah. Mudah dijangkau dari berbagai penjuru.

Nama ROEMANI berasal dari nama pemrakarsa berdirinya Rumah Sakit yaitu H. Achmad Roemani. Dia seorang pengusaha yang berasal dari keluarga Nahdliyin yang mewakafkan sebagian hartanya untuk membangun sarana kesehatan milik PKU Muhammadiyah Semarang. Dia mewakafkan bangunan diatas tanah seluas 13.000 meter persegi.

Achmad Roemani tokoh NU

Achmad Roemani bukanlah seorang anggota Muhammadiyah, apalagi pimpinan yang aktif menjalankan dakwah melalui Persyarikatan Muhammadiyah. Namun Ia dikenal sebagai tokoh Nahdatul Ulama (NU) di Semarang.

BACA JUGA  Tanggap Darurat Banjir, MDMC Kalsel Didukung Layanan Internet Gratis

Keinginan Roemani membangun Rumah Sakit bermula ketika Ia pulang menunaikan Ibadah Haji. Dalam keadaan sakit Ia bermimpi diminta memberi makan untuk anak yatim. Hingga akhirnya Ia memutuskan untuk membangun Rumah Sakit, dan dari Rumah Sakit itu biaya untuk membantu anak-anak panti asuhan tercukupi.

Beliau seorang pejuang veteran, anggota barisan banteng Republik Indonesia yang berpangkat Kopral, Ia wafat pada 21 Desember 1975 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang.

Kisah hidup H. Achmad Roemani kemudian dimuat dalam Buku “Sejarah dan Perkembangan Rumah Sakit Rumani Muhammadiyah Kota Semarang” yang diterbitkan PD Muhammadiyah

Total
97
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts