Berita

Revolutionary Night at Fachrodin Award 2023! Transformasi Besar Media Muhammadiyah Menuju Era Digital!

PWMJATENG.COM, Jakarta – Malam Penganugerahan Fachrodin Award Tahun 2023 di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, DKI Jakarta, menjadi saksi transformasi besar yang diharapkan oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed, Selasa (28/11). Dalam acara tersebut, Sekretaris Umum menyampaikan harapannya agar media Muhammadiyah dapat bertransformasi ke empat hal utama, yakni Literacy Digital, Culture Digital, Missionary Digital, dan Industrially Digital.

Dalam sambutannya, Prof. Abdul Mu’ti menggarisbawahi pentingnya transformasi media Muhammadiyah ke era digital untuk memenuhi tuntutan zaman. “Kita harus mampu beradaptasi dan bertransformasi. Oleh karena itu, saya berharap media Muhammadiyah dapat beralih ke Literacy Digital, Culture Digital, Missionary Digital, dan Industrially Digital,” ujarnya.

“Pertama, kita perlu meningkatkan Literacy Digital, agar masyarakat lebih terbiasa dengan literasi digital dan mendapatkan informasi dengan lebih mudah melalui platform digital. Kedua, Culture Digital, untuk memperkaya budaya digital di kalangan masyarakat Muhammadiyah. Ketiga, Missionary Digital, untuk menyebarkan pesan-pesan dakwah dan nilai-nilai kebaikan melalui media digital. Terakhir, Industrially Digital, agar media Muhammadiyah menjadi bagian dari industri digital yang mampu bersaing dan memberikan dampak positif,” jelasnya.

Dalam acara yang dihadiri oleh Ketua PP Muhammadiyah, Dadang Kahmad, dan Saad Ibrahim, Abdul Mu’ti menyampaikan bahwa transformasi ini perlu dilakukan sebagai upaya untuk tetap relevan di tengah perkembangan teknologi.

Baca juga, Muhammadiyah dan Dialog Terbuka: Ujian Kualitas ‘Isi Kepala’ Capres-Cawapres Indonesia

“Media Muhammadiyah perlu bersiap menghadapi era digital dengan segala kompleksitasnya. Transformasi ini bukan hanya sebagai upaya mengikuti tren, tetapi sebagai langkah proaktif dalam memajukan dakwah dan memberikan kontribusi positif pada masyarakat,” paparnya.

Lebih lanjut, Prof. Abdu Mu’ti menegaskan bahwa transformasi ini merupakan bentuk adaptasi terhadap perkembangan zaman. Melalui platform digital, Muhammadiyah diharapkan dapat lebih efektif dalam menyampaikan pesan dakwah dan nilai-nilai kebaikan kepada masyarakat.

“Kita tidak bisa tinggal diam di tengah arus perkembangan teknologi. Transformasi ini akan memperkuat peran media Muhammadiyah sebagai sarana dakwah dan edukasi di tengah masyarakat,” tambahnya.

Acara malam penganugerahan Fachrodin Award yang turut dihadiri oleh Ketua MPI PP Muhammadiyah, Muchlas, dan sejumlah tamu undangan lainnya, menjadi momentum penting dalam menginspirasi perubahan positif pada media Muhammadiyah. Pemenang Fachrodin Award 2023 turut dihargai atas kontribusinya dalam menyebarkan informasi dan nilai-nilai kebaikan melalui berbagai media, sekaligus menjadi teladan dalam menyongsong era digital yang semakin mendominasi.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE