Berita

RELAWAN MEDIS MDMC BANTU PERSIAPAN AKREDITASI PUSKESMAS TALISE

PWMJATENG.COM, Palu – MDMC berkomitmen untuk terus melakukan pendampingan kepada warga terdampak gempa tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah. Dua personil anggota tim medik Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yaitu Rusdy Ansyah dari RSI Banjarmasin dan Muh Rizqiansyah dari RS PKU Muhammadiyah Temanggung pada 24 Januari 2019 yang lalu ditugaskan untuk mendampingi Puskesmas Talise Kota Palu dalam rangka standarisasi rekam medik guna keperluan akreditasi dan peningkatan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Puskesmas Talise adalah salah satu puskesmas di Kota Palu yang terdampak tsunami pada tanggal 28 September 2018 silam karena Talise adalah satu wilayah di kota Palu yang terdampak tsunami cukup parah karena letak wilayahnya yang sebagian besar berada di pinggir teluk Palu.

Selain itu di Puskesmas Talise juga dilaksanakan pertemuan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP). UKP adalah setiap kegiatan yang dilakukan oleh puskesmas untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perorangan.

Kedua personil MDMC tersebut membantu standarisasi rekam medik di Puskesmas Talise dalam transisi rekam medik dari manual book menjadi sistem elektronik. Kepala Puskesma Talise Rahmad, S.KM. menyatakan bahwa pihaknya merasa sangat terbantu dengan pendampingan dari relawan MDMC tersebut.

Perlu diketahui bahwa pasca tsunami pelayanan Puskesmas Talise lumpuh total karena terkena dampak cukup parah. Para relawan MDMC saat itu membantu menjalankan kembali layanan puskesmas yang sempat lumpuh total tersebut.

“Terima kasih sudah menugaskan tim untuk membantu kami dalam rangka meningkatkan standar pelayanan dari masa tanggap darurat ke masa transisi ini,” katanya saat dihubungi di Palu. (Noer)

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE