BeritaKabar Daerah

Rahasia Sukses Lazismu Kota Surakarta Terbongkar! Sinergi Pengelolaan ZIS Satu Atap Menuju Dakwah Berkah

PWMJATENG.COM, Surakarta – Lazismu Kota Surakarta menggelar Stadium General Rakerda 2024, bertempat di Auditorium Mohammad Djazman UMS pada Sabtu (03/02/2024). Dengan tema “Sinergi Pengelolaan ZIS Satu Atap Dalam Rangka Penguatan Gerakan Jamaah & Dakwah Jamaah Muhammadiyah Surakarta,” acara ini menghadirkan wakil ketua PWM Jawa Tengah, Dr. Ibnu Hasan, M.Si., dan manajer Lazismu Banyumas, Sabar Waluyo, SE.

Pembukaan acara dipandu oleh Prof. Dr. H. Sofyan Anif, M.Si., Bendahara PWM Jawa Tengah. Dalam wawancara setelah pembukaan, Prof. Sofyan Anif menjelaskan tentang pentingnya manajemen satu atap. “Saat ini kita sedang melakukan gerakan dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah kepada seluruh PDM dan seluruh cabang dan ranting yang mengelola Lazismu ini akan kita gerakkan agar sudah mulai memasuki manajemen yang benar yaitu manajemen satu atap. Dalam hal ini dimaksudkan untuk memberikan jaminan bahwa Lazismu itu mempunyai kekuatan resiliensi, tahan terhadap berbagai persoalan, dan mampu memberikan layanan sebaik-baiknya kepada yang sudah menjadi sasaran,” ungkap Prof. Sofyan Anif.

Pada bagian lain, Ketua Badan Pengurus Lazismu Kota Surakarta, Reynal Falah, S.Psi, menjelaskan tujuan diadakannya Stadium General ini. “Agenda ini adalah tindak lanjut dari Rakerda yang sudah kami lakukan Lazismu Solo lakukan beberapa waktu yang lalu, kemudian ditindaklanjuti dengan stadium general mengangkat isu ZISKA satu atap untuk penguatan gerakan dakwah jamaah di kota Surakarta,” terangnya. Acara diikuti oleh PDM, PCM, PRM, masjid, dan Amal Usaha Muhammadiyah.

Baca juga, Keteladanan dan Kepemimpinan Menurut Ahmad Dahlan Rais: Menuju Umat Islam yang Berkualitas

Reynal menambahkan bahwa ke depannya, akan ada kegiatan bimtek yang mengundang Kantor Layanan dan gerai, terutama gerai masjid dan amal usaha, untuk memberikan pelatihan dalam pengelolaan keuangan satu atap. “Harapannya kita menjadi lebih terkoordinasi dalam hal ini keuangan di Persyarikatan Muhammadiyah sehingga kita bisa melihat berapa besar potensi khususnya potensi zakat, infak, dan shodaqoh di lingkup Persyarikatan Muhammadiyah Kota Surakarta,” tambahnya.

Dalam konteks target penghimpunan ZIS Lazismu Kota Surakarta, Reynal menyatakan targetnya sebesar 6,1 miliar untuk tahun 2024. “Dengan adanya strategi ZISKA satu atap ini, target itu akan terlampaui, dan satu misi khusus dengan adanya ZISKA satu atap ini akan memberikan payung bagi masjid, Amal Usaha Muhammadiyah untuk melakukan kegiatan penarikan keuangan zakat, infak, dan shodaqoh di lingkup masing-masing,” pungkas Reynal.

Pada agenda Stadium General ini, juga diumumkan pemenang Lazismu Award. KL Lazismu RS PKU Muhammadiyah Surakarta meraih penghargaan untuk Kantor Layanan/Gerai Lazismu dengan pengelolaan terbaik. Sementara itu, Gerai Lazismu SD Muhammadiyah 24 Gajahan memenangkan kategori penghimpunan terbaik. KL PCM Solo Utara meraih penghargaan untuk program pentasarufan terbaik. SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Surakarta, menjadi pemenang dalam kategori Amal Usaha Muhammadiyah dengan program kemanusiaan terbaik. Terakhir, tokoh filantropi terpopuler jatuh kepada Sugiharko Sahid dari Gerai Lazismu SD Muhammadiyah 24 Gajahan.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE