AUMBerita

PSMKGI UMS Gelar Baksos di Karanganuar

PWMJATENG.COM, Karanganyar – Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI) bersama Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan Bakti Sosial Nasional (Baksosnas) ke XVII Tahun 2023 dengan tema “Migunani Tumpraping Liyan.” Kegiatan ini berlangsung di Desa Segoro Gunung, Kabupaten Karanganyar, pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

PSMKGI adalah satu-satunya organisasi mahasiswa Kedokteran Gigi di Indonesia yang mewadahi aspirasi dan gerakan mahasiswa Kedokteran Gigi di seluruh negeri.

Baksosnas ini berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 19 hingga 22 Oktober 2023, dan melibatkan berbagai delegasi dari seluruh penjuru Indonesia. Peserta terdiri dari 127 mahasiswa yang mewakili 31 Fakultas Kedokteran Gigi di Indonesia, 24 dokter gigi sukarelawan, 62 dokter gigi muda sukarelawan (koas), serta 127 anggota panitia.

“Dalam kegiatan ini, kami melibatkan seluruh Fakultas Kedokteran Gigi se-Indonesia yang berjumlah 31 fakultas dan mengirimkan delegasi dari mahasiswa serta dokter gigi dari PDGI Karanganyar,” kata drg. Dendy Murdiyanto, MDSc, Dekan FKG UMS.

Baksosnas PSMKGI meliputi berbagai kegiatan, seperti pemeriksaan kesehatan gigi, penyuluhan tentang kedokteran gigi, bazar, pasar murah, dan pasar rakyat.

Dalam sambutannya, Dekan FKG UMS, Dendy Murdiyanto, menyampaikan harapannya agar mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan mereka di bidang kedokteran gigi. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, Theatre Blues Scrub, dan para sponsor yang mendukung Baksosnas ini.

Baca juga, Tanggapi Putusan MK, Ketua PWM Jateng: Politik Dinasti Harus Disikapi Secara Arif

Selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Karanganyar, Bambang Sutarmanto S.Sos., M.M, yang mewakili Bupati Karanganyar, memberikan penghargaan dan apresiasi kepada panitia serta seluruh dokter dan koas yang terlibat dalam Baksosnas yang diselenggarakan oleh PSMKGI.

Bambang mengatakan, “Pemerintah Kabupaten Karanganyar memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat dalam Baksosnas ini. Semoga dengan kegiatan ini, kesehatan gigi masyarakat semakin baik, dan kami berharap bakti sosial yang dilakukan PSMKGI tidak hanya terbatas pada Kecamatan Ngargoyoso, tetapi juga mencakup kecamatan lain di Karanganyar.”

Baksosnas yang digelar PSMKGI dan UMS ini adalah bentuk nyata dari peran mahasiswa kedokteran gigi dalam memberikan pelayanan kesehatan dan edukasi kepada masyarakat serta memperkuat kerja sama antara perguruan tinggi dan pemerintah daerah dalam meningkatkan kesehatan gigi masyarakat.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.