AUMBerita

Penuh Haru, Air Mata Tak Dapat Terbendung pada Penutupan Pertukaran Mahasiswa Merdeka UMS

PWMJATENG.COM, Surakarta – Setelah serangkaian kegiatan dilakukan, tiba saatnya peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 3 (PMM3) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar penutupan dengan tema The Bridge of Cultures: “Menyatukan Keberagaman dalam Pentas Nusantara” pada Sabtu, (27/1) malam yang bertempat di Ruang Seminar Pascasarjana Lt.5, Kampus II UMS.

Acara tersebut dibuka dengan fashion show dari 72 peserta PMM3 yang berasal dari 34 Perguruan Tinggi dengan pakaian adat masing-masing daerah.

Dalam kesempatan itu, Wakil Rektor Bidang III UMS, Prof., Ihwan Susila, SE., M.Si., Ph.D., mengucapkan terima kasih kepada seluruh mahasiswa yang telah mempercayakan pengalaman baru di kampus UMS.

“Semoga kegiatan ini dapat menghasilkan hasil yang terbaik untuk mahasiswa yang mengikuti modul Nusantara. Dengan demikian, UMS akan dikenal dan kami akan mengenal mahasiswa dari seluruh Nursantara,” papar Wakil Rektor Bidang III UMS itu.

Ihwan Susila juga menyampaikan, setiap hal yang dilakukan bisa diambil hikmahnya, dan menjadi cerita tersendiri.

“Semoga setelah mengambil modul Nusantara, kalian bisa lulus tepat waktu, lanjut S2, dan mendapatkan beasiswa S3. Semua hal yang sudah dilakukan di UMS, semoga mendapatkan manfaat sebanyak banyaknya dan Allah selalu meridhoi apa yang kita lakukan,” ujarnya.

Dalam momentum yang berbahagia itu, Dosen Modul Nusantara, Agus Triyono, S.Sos., M.Si., mengungkapkan bahwa malam ini merupakan momen yang berharga sekaligus mengharukan. Mahasiswa yang berasal dari Sabang sampai Merauke, dengan mengenakan kostum yang berasal dari mereka masing-masing berkumpul menjadi satu.

“Ya, minimal dari kegiatan ini tidak semua dari Muhammadiyah, tapi setidaknya kalian dapat menghafal lagu Sang Surya,” ungkapnya sembari bercanda.

Peserta PMM3 ini diharapkan banyak mendapatkan pengalaman, budaya di kampus maupun kehidupan di luar kampus.

“Mungkin dari pihak modul, kurang selama pembelajaran. Yakinlah, berakhir sudah modul Nusantra, bertukar sementara, bermakna selamanya,” tegasnya.

Baca juga, Jadi Masjid Unggul Percontohan Nasional, Masjid At Taqwa Muhammadiyah Jateng Penuhi 16 Indikator Ini!

Salah satu perwakilan peserta dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Satrio Wibowo menyampaikan terima kasih kepada UMS atas kesempatan yang luar biasa.

“Kami beruntung dipilih oleh UMS menjadi peserta PMM3 Batch 3 ini. Kami juga sangat bangga dan bersyukur karena UMS tidak hanya memberikan pendidikan yang berkualitas, tetapi membuka pemahaman dalam penelitian dan kontribusi positif kepada masyarakat,” ungkap Satrio.

Menurutnya, sambutan hangat dari dosen dan mahasiswa UMS ini akan membentuk peserta PMM3 ini menjadi mahasiswa yang berkualitas yang siap menghadapi tantangan zaman.

“Perjalanan ini membawa kita kepada pengalaman baru dan pandangan dunia yang luas. Terima kasih pada teman-teman atas canda tawa, tingkah laku, dan semuanya yang akan menjadi pengalaman ini jauh lebih berarti,” tambah Mahasiswa UMSU itu.

Nurdiana dari STKIP ANDI MATTAPA juga mengucapkan terimakasih kepada UMS, dan bangga menjadi mahasiswa UMS walaupun 1 semester.

Kemeriahan Closing Ceremony itu ditutup dengan berbagai penampilan dari tiap kelompok, dan pada akhir sesi mereka saling berpelukan sebagai tanda perpisahan. Acara tersebut kemudian mendadak menjadi momen penuh haru dan berharga bagi peserta PMM3 UMS.

Kontributor : Fika
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE