BeritaKolom

Pentingnya Berbakti kepada Orang Tua

Pentingnya Berbakti kepada Orang Tua

Oleh : Rumini Zulfikar (Gus Zul)*

PWMJATENG.COM – Perintah untuk berbakti kepada kedua orang tua telah dijelaskan dalam Al-Quran, sebagaimana yang disampaikan dalam Surah Luqman ayat 14. Orang tua merupakan sosok yang tak terlupakan dan selalu pantas dihormati sepanjang masa, karena melalui mereka, kita hadir di dunia ini.

Dengan kasih sayangnya, terutama seorang ibu, mereka selalu menjaga, merawat, dan mendoakan agar kita menjadi anak yang baik, sukses di dunia dan akhirat. Meskipun kondisi orang tua bisa berbeda-beda, baik dalam hal materi maupun lainnya, naluri seorang orang tua tetap ingin anak-anaknya memiliki kehidupan yang lebih baik di segala aspek.

Pengorbanan orang tua terlihat dari berbagai aspek, seperti berjualan di pasar meski dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat atau kesehatan yang menurun. Mereka melakukan ini semua dengan keyakinan bahwa rezeki datang dari Sang Pencipta. Orang tua tidak pernah meminta imbalan atas pengorbanan mereka, itulah mengapa kewajiban berbakti kepada mereka menjadi sangat penting.

Baca juga, Nuzulul Qur’an: Al-Qur’an sebagai Kalam Tuhan dan Petunjuk Insan

Nabi Muhammad pun mewanti-wanti umatnya agar selalu berbakti kepada kedua orang tua, terutama ibu. Kita harus mampu membuat kedua orang tua senang dan bahagia dengan perilaku dan sikap yang baik. Jangan sampai kita membuat mereka kecewa atau marah karena sikap tidak berbakti.

Ungkapan “Mikul Duwur Mendem Jeruh” dalam bahasa Jawa mengajarkan kita untuk mengangkat tinggi-tinggi tinggalan dan keteladanan yang diberikan oleh kedua orang tua. Merawat warisan mereka adalah bentuk nyata dari berbakti kepada mereka. Jangan sampai ulah kita merusak atau mengubur kebaikan dan pengorbanan yang telah diberikan oleh kedua orang tua.

Di bulan Ramadan ini, mari kita memperbaiki hubungan dan meningkatkan kedekatan dengan kedua orang tua yang masih hidup. Jika mereka sudah meninggal, tugas kita adalah mendoakan dan meneruskan cita-cita luhur yang mereka wariskan selama hidupnya. Dengan begitu, kita telah melaksanakan kewajiban berbakti kepada mereka dengan sebaik-baiknya.

*Penasehat PRM Troketon, Anggota Bidang Syiar MPM PDM Klaten, Anggota Majelis MPI & HAM PCM Pedan.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE