BeritaKabar Daerah

Penghijauan Memberdayakan, Lazismu Gandeng Majelis dan Lembaga Tanam Bibit Alpukat di Lereng Gunung Perahu

PWMJATENG.COM, Kendal – Lazismu Kendal bersama enam majelis dan lembaga, termasuk Majelis Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata (MEBP), Majelis Lingkungan Hidup (MLH), Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM), Majelis Pendayagunaan Wakaf (MPW), Lembaga Resiliensi Bencana (LRB), dan Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal, menggelar acara simbolis penanaman bibit alpukat di Desa Genting Gunung, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Rabu (21/2). Kegiatan ini merupakan upaya sinergis antara majelis dan lembaga Muhammadiyah dalam pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan hidup.

Acara tersebut dihadiri oleh Badan Pengurus (BP) Lazismu Jawa Tengah yang diwakili oleh Ahmad Zaeni. Dalam sambutannya, Ahmad Zaeni menjelaskan bahwa konservasi alam menjadi salah satu fokus program Lazismu Jawa Tengah. Bulan ini, Lazismu Jawa Tengah mengadakan program penanaman pohon secara serentak dengan semangat “Peduli Alam, Peduli Masa Depan”. Semua pihak berkolaborasi untuk mencapai tujuan kelestarian lingkungan hidup. Menurut Zaeni, program ini merupakan contoh yang baik karena dipimpin oleh para ahli dan dimonitor secara langsung dari proses penanaman hingga perawatan.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Kendal, Bapak Sutiyono, juga menyatakan bahwa Lazismu sangat memperhatikan keseimbangan alam. Sebagai bukti, tiga tahun lalu melalui program Tani Bangkit, Lazismu Kendal berhasil menanam bibit alpukat pertama di Desa Genting Gunung. Hari ini, progres penanaman pohon tersebut sangat baik dengan pertumbuhan alpukat yang subur.

Baca juga, Mewaspadai Kebangkitan Gerakan Tarbiyah Jilid 2

Manajer Eksekutif Lazismu Kendal, Suprapto, menegaskan bahwa kegiatan ini adalah kelanjutan dari program Tani Bangkit yang telah dilakukan tiga tahun lalu. Dalam konteks ini, penanaman kembali bibit alpukat diperlukan untuk menggantikan bibit yang rusak atau mati. Kolaborasi yang sinergis antara Lazismu Jawa Tengah, Lazismu Kendal, serta majelis dan lembaga terkait telah memungkinkan terlaksananya kegiatan ini.

Setelah dimulai dengan doa yang dipimpin oleh Ketua Majelis Pendayagunaan Wakaf, Mukmin, prosesi penanaman bibit alpukat secara simbolis dilakukan oleh perwakilan masing-masing majelis. Selanjutnya, sharing session di sekretariat kelompok tani Genting Gunung dilakukan, di mana masing-masing majelis dan lembaga menyampaikan aspirasi dan apresiasi terhadap program tersebut.

Kegiatan penanaman pohon ini memiliki dampak positif tidak hanya terhadap lingkungan tetapi juga terhadap ekonomi masyarakat setempat. Melalui bantuan bibit kepada anggota kelompok tani, diharapkan dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan mereka. Meskipun penanaman pohon ini hanya merupakan langkah kecil, namun sebagai bagian dari upaya menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, langkah ini sangat berarti.

Kontributor : Fathoni
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE