AUMBerita

Pembina Upacara Bendera Hari Santri SMK Muhammadiyah 1 Keling Sampaikan Hidup Disiplin

PWMJATENG.COM, Jepara – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Keling telah melaksanakan upacara bendera rutin yang biasanya diselenggarakan setiap hari Senin. Namun, kali ini berbeda. Mengapa? Karena upacara tersebut bertepatan dengan Hari Santri Nasional tahun 2023, sehingga seluruh peserta upacara mengenakan pakaian khusus, yaitu baju koko dengan peci dan busana muslimah, sesuai dengan instruksi dari kepala sekolah. Peringatan Hari Santri Nasional ini dilaksanakan pada hari Senin, 23 Oktober 2023 M / 8 Robiul Akhir 1445 H di Lapangan Bola Voli SMK Muhammadiyah 1 Keling.

Peserta upacara terdiri dari seluruh siswa kelas X, XI, dan XII, guru, serta karyawan SMK Muhammadiyah 1 Keling. Petugas upacara berasal dari kelas XI TBSM 2 dengan wali kelas Indah Catur, dan paduan suara oleh kelas X dan XI APHP.

Upacara ini berjalan lancar dan mendapat antusiasme tinggi dari semua peserta. Titik Indriyani, yang menjadi pembina upacara, memberikan pandangan tentang pentingnya disiplin bagi para siswa. “Ada tiga hal penting yang perlu ditanamkan kepada siswa sejak dini agar mereka patuh dan tertib dalam menjalani aturan sekolah,” ujar Pembina Upacara.

Baca juga, KH. Tafsir: Batas Usia 40 Tahun Sudah Sesuai Petunjuk Al-Qur’an

Pembina Upacara menjelaskan bahwa “percaya diri” memiliki makna yang luas, termasuk memiliki kepercayaan diri dalam menjaga penampilan layaknya siswa SMK Muhammadiyah 1 Keling yang memiliki seragam sekolah yang unik dan menonjolkan kekhasan, seperti seragam HW. Selanjutnya, “memulai dari yang sederhana” mengacu pada kebiasaan baik yang harus diimplementasikan sejak dini. Hal ini sangat penting karena siswa perlu memberikan arti dan manfaat untuk menjaga nama baik sekolah dengan tujuan mencari ilmu dengan tulus, sehingga ilmu yang diperoleh akan bermanfaat bagi siswa selama berada di sekolah dan setelah lulus.

Selain peringatan Hari Santri Nasional, Titik Indriyani, sebagai pembina upacara, juga memberikan buku dan kartu peserta prakerin kepada perwakilan siswa yang akan menjalani program praktek kerja industri (prakerin) kelas XI jurusan OTKP 2. Kepala sekolah, Rahmad Taufiq Isnaini, memberikan sambutan dan pesan kepada siswa yang akan menjalani prakerin usai upacara bendera di halaman gedung utama SMK Muhammadiyah 01 Keling.

Rahmad Taufiq Isnaini berharap, “Semoga dalam bertugas di lapangan atau dunia usaha, kalian bisa memberikan yang terbaik dan senantiasa menjaga nama baik sekolah SMK Muhammadiyah 1 Keling ini.”

Kontributor : Kustinah
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.