PDA Se Eks Karesidenan Kedu Gelar TOT Madrasah Perempuan Berkemajuan

0
427
TOT MPB
Ketua PWA Jateng sedang menyampaikan materiSDGs dan Program 'Aisyiyah pada kegiatan TOT Madrasah Perempuan Berkemajuan

PWMJATENG.COM, Wonosobo – Slogan berkemajuan sudah sangat familiar sering kita dengar dan sudah disosialisasikan namun dalam kenyataannya masih banyak warga persyarikatan yang tidak memahami manhaj dan karakter perempuan berkemajuan.

Oleh karena itu pada hari Ahad (11/11/2018) Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Se Eks Karesidenan Kedu menyelenggarakan Training Of Trainer Madrasah Perempuan Berkemajuan, bertempat di Rumah Sakit Ardila Longkrang Wonosobo. Kegiatan TOT Madrasah Perempuan Berkemajuan ini di ikuti oleh 6 Kabupaten dan Kota yaitu Kabupaten Kebumen, Temanggung, Magelang, Purworejo, Wonosobo dan Kota Magelang.

TOT wonosobo
Peserta TOT Madrasah Perempuan Berkemajuan dari Kabupaten Magelang

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 36 orang terdiri dari 6 perwakilan setiap daerahnya, yang  terdiri dari Ketua dan Sekretaris Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah, dan empat Badan Pembantu Pimpinan yaitu Majelis Tablih, Majelis Hukum dan HAM, Majelis Pembinaan Kader, serta Lembaga Pengembangan dan Penelitian.

Aisyiyah merupakan organisasi muslim perempuan tertua di negeri ini, sudah semestinya memperkokoh wacana kesetaraan gender baik di level individu, keluarga, dan masyarakat.

TOT Madrasah Perempuan Berkemajuan (MPB) ini adalah yang ketiga di Jawa Tengah setelah sebelumnya Karasidenan Semarang dan Banyumas telah melaksanakan kegiatan tersebut. TOT MPB ini bertujuan untuk melahirkan trainer-trainer yang memiliki kemampuan yang mumpuni, berkualitas dan profesional.

Sekretaris Koordinator Eks Karesidenan Kedu Hj. Dra Nida Ul Hasana dalam sambutannya mengatakan ” Masing-masing daerah untuk dapat menindaklanjuti kegiatan Madrasah Perempuan Berkemajuan ini untuk penguatan kepemimpinan yang ada di daerah,” ucapnya.

Sementara itu Dr Hj. Nurhayati Pasian Sekretaris LPP Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Tengah menyampaikan bahwa Peserta yang mengikuti TOT MPB ini dapat mensosialisasikan kegiatan ini di forum ‘Aisyiyah melalui pengajian-pengajian ‘Aisyiyah yang ada ditingkat Pimpinan Daerah, Cabang, dan Ranting.

Materi yang disampaikan pada kegiatan TOT MPB  ada 8 materi yaitu Manhaj Muhammadiyah, Perempuan Islam Berkemajuan, Gender dalam Islam, ‘Aisyiyah dalam Kontestasi Gerakan Perempuan Islam, Fiqih Almaun dan Pemberdayaan Perempuan, SDG’S dan Program ‘Aisyiyah, Dakwah Advokasi dan Pengorganisasian serta Teknik Fasilitas.(noer)