BeritaKolom

Oase Al-Qur’an

Oase Al-Quran

Oleh : Alvin Qodri Lazuardy, M.Pd.*

PWMJATENG.COM – Al-Qur’an ibarat lautan yang tak bertepi, penuh dengan kedalaman yang bisa digapai dan diselami. Keindahannya mencakup semua lapisan masyarakat, mencerahkan setiap individu sesuai dengan kapasitas ilmiah mereka masing-masing.

Sebagai Kalamullah yang penuh cahaya, Al-Qur’an mengajak kita untuk menangkap sinar ilahi dengan membacanya, menadaburinya, dan mengamalkan isi kandungannya. Cahaya yang terpancar dari Al-Qur’an mampu menerangi hati dan pikiran, memberikan panduan yang jelas dalam menjalani kehidupan.

Keindahan Al-Qur’an tidak hanya terletak pada isi dan maknanya, tetapi juga pada untaian dan tutur katanya. Setiap nasihat, cerita, janji, peringatan, dan hukum-hukumnya memiliki keindahan tersendiri. Al-Qur’an, yang berasal dari Yang Maha Indah, menawarkan keindahan sejati yang dapat ditemukan oleh siapa saja yang mencarinya. Bagi mereka yang mencintai keindahan, Al-Qur’an adalah sumber yang tiada tandingannya.

Baca juga, Ramai Pemberian IUP kepada Ormas Keagamaan, Ini Tanggapan Ketua PWM Jawa Tengah

Dalam Oase Al-Qur’an, kita menemukan ayat-ayat yang menggambarkan karakter orang beriman dengan cara yang sangat menyejukkan hati. Tidak ada kekerasan yang tampak, hanya ada sifat manusia yang cerdas secara mental, sosial, moral, dan spiritual. Ayat-ayat ini mencerminkan kesalehan yang penuh etika dan dapat dianggap sebagai oase bagi umat muslim dalam Al-Qur’an. Ayat-ayat semacam ini tersebar di berbagai surah, menawarkan ketenangan dan inspirasi bagi mereka yang membacanya.

Luangkanlah waktu sejenak setiap hari untuk menyimak setidaknya satu oase dari Al-Qur’an. Nikmati keindahan bahasanya, hayati maknanya, dan mohonlah kepada Allah agar segala gerak langkah kita dituntun oleh cahaya firman-Nya. Dengan begitu, insyaAllah, hidup kita akan menjadi lebih indah dan terarah. Membaca dan merenungi Al-Qur’an setiap hari tidak hanya mendekatkan kita kepada Allah, tetapi juga memberi kita kekuatan untuk menghadapi tantangan hidup dengan penuh keyakinan dan ketenangan.

*Kepala SMP AT TIN UMP, Pengasuh Pesantren At-Tin UMP

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE