MUTUAL O-WEEK : Inovasi Masa Pengenalan Sekolah SMP Mutual Tahun Ajaran 2021/2022

MUTUAL O-WEEK : Inovasi Masa Pengenalan Sekolah SMP Mutual Tahun Ajaran 2021/2022

PWMJATENG.COM, MAGELANG ‎- Pandemi yang belum berlalu membuat lembaga pendidikan saat ini masih berjalan secara daring. Pun saat ini, siswa baru tahun ajaran 2021/2022 masih menjalankan pembelajaran secara daring termasuk saat masa pengenalan lingkungan sekolah.

Ada yang berbeda di SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang dalam menyambut siswa-siswi baru. Kegiatan ini dikemas dengan Mutual Orientation Week (Mutual O-Week). Selama sepekan, para siswa baru tahun ini mengikuti tidak hanya sekedar menjadi pendengar secara online. Namun, kegiatan ini dibuat interaktif dan juga mengasah potensi siswa.

Kegiatan yang digelar selama sepekan dari tanggal 12-17 Juli 2021 ini juga memberikan ruang ekspresi seperti adanya kegiatan Mutual Got Talent. Kegiatan ini memberikan wadah berkompetisi dalam bakat diri siswa.

BACA JUGA  MDMC – Lazismu Kabupaten Magelang Bantu Warga Atasi Kekeringan

Wasi’un selaku Kepala SMP Mutual Kota Magelang mengatakan bahwa dirinya terus mendorong kepada para pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Mutual untuk terus mengasah gagasan dan ide-ide yang inovatif. Menurutnya, karya yang berbeda dan menarik inilah yang nantinya dapat menjadikan SMP Mutual Kota Magelang semakin dipercaya oleh masyarakat.

“Tagline SMP Mutual itu Islami, Unggul, Berkemajuan. Maka nilai-nilai itu harus membumi dan dapat mengantarkan para siswa untuk menggapai mimpinya”, ujar Wasi’un diruang kerjanya, Jumat (16/07/21).

MUTUAL O-WEEK : Inovasi Masa Pengenalan Sekolah SMP Mutual Tahun Ajaran 2021/2022

Dengan tetap memperhitungkan protokol kesehatan, kegiatan ini diikuti secara daring sebanyak 160 siawa baru dari rumah.

“Tema besar kita dalam Mutual O-Week ini adalah be honest be brave be best. Kita ingin para generasi hebat SMP Mutual selalu menjadi pribadi berkarakter yang jujur, mental pemberani sehingga menjadi pribadi pemenang terbaik”, kata Dwi Dedi kepada wartawan selaku ketua panitia.

BACA JUGA  PDM Kabupaten Pekalongan Rayakan Milad Muhammadiyah ke-104 dengan Seabrek Lomba

Saat ditanya apa yang membedakan Mutual O-Week dengan masa pengenalan lingkungan sekolah sebelumnya, dirinya mengatakan bahwa dalam masa pengenalan kali ini dikemas lebih bersifat interaktif dan mengembangkan potensi siswa. Menurutnya, anak lebih tidak bosan karena tidak sekedar mendengar berbasis online.

“Selain olah pembiasaan bahasa seperti arabic explore, siswa juga distimulus dengan convertation. Ada juga pemetaan bakat dan potensi dengan Mutual Got Talent”, ujarnya.

Pungkasnya, Dikatakan oleh Dedi bahwa nantinya di akhir acara akan ada pengumuman hasil kompetisi yang juga bisa menjadi roadmap prestasi sekolah ditahun yang akan datang.

“Kita bisa membuat roadmap potensi siswa dan merancang prestasi-prestasi siswa secara komprehensif untuk satu tahun kedepan. Sehingga, nantinya jika ada peluang lomba, kita dapat mendorong dan mendampingi para siswa yang berkompeten”, terangnya yang juga sebagai wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.

BACA JUGA  Makin Mendunia, UMP Eratkan Kerjasama Pendidikan di Asia-Pasifik
Total
6
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts