PWM Jateng

Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah (1)

Oleh : Prof. Dr. KH. Haedar Nashir, M.Si.*

PWMJATENG.COM, Semarang – Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah mengandung 7 (tujuh) pokok pikiran/prinsip/ pendirian ialah:

(1) Pokok pikiran pertama
Hidup manusia harus berdasar Tauhid (meng-Esa-kan) Allah; bertuhan, beribadah serta tunduk dan taat hanya kepada Allah. Pokok pikiran tersebut dirumuskan dalam Muqaddimah Anggaran Dasar sebagai berikut:

‘Amma ba’du, bahwa sesungguhnya ke-Tuhanan itu adalah hak Allah semata-mata, bertuhan dan beribadah serta tunduk dan taat kepada Allah adalah satu-satunya ketentuan yang wajib atas tiap-tiap makhluk, terutama manusia”

Keterangan:

Ajaran Tauhid adalah inti/esensi ajaran Islam yang tetap, tidak berubah-ubah, sejak agama Islam yang pertama sampai yang terakhir

Tiadalah Kami mengutus seorang utusan dari sebelum-mu (Muhammad) kecuali senantiasa kami wahyukan ke-padanya; bahwa sesungguhnya tiada Tuhan kecuali Kami. Maka menghambalah kamu sekalian kepada-Ku (QS. Al Anbiya’: 25).

Seluruh ajaran Islam bertumpu dan memani-festasikan kepercayaan tauhid. Berdasarkan Tauhid sepenuh- penuhnya dalam arti dan proporsi yang sebenar-benarnya, berarti berdasarkan Islam.

Kepercayaan Tauhid mempunyai 3 (tiga) aspek

  • Kepercayaan dan keyakinan bahwa hanya Allah-lah yang kuasa mencipta, memelihara, mengatur, dan menguasai alam semesta.
  • Kepercayaan dan keyakinan bahwa hanya Allah-lah Tuhan yang Haq.
Baca juga, Sah! Ini Struktur PWM Jawa Tengah Masa Jabatan 2022-2027
  • Kepercayaan dan keyakinan bahwa hanya Allah-lah yang berhak dan wajib dihambai (disembah)

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ

Sesungguhnya Tuhan yang memeliharamu ialah Allah, yang telah menciptakan langit-langit dan bumi (QS. Al-A’raf: 54).

تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ

Maka ketahuilah bahwasanya tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali hanya Allah (QS. Muhammad: 19).

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُواْ إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَلِدَيْنِ إِحْسَنًا

Tuhanmu telah memutuskan, agar kamu sekalian tidak menghambakan diri kecuali hanya kepada-Nya (QS. Al-Israa: 23)

Kepercayaan Tauhid membentuk 2 (dua) kepercayaan/ kesadaran:

-Percaya akan adanya hari Akhir, di mana manusia akan mempertanggungjawabkan hidupnya di dunia ini.

-Sadar bahwa hidup manusia di dunia ini semata-mata untuk amal saleh.

Dengan melaksanakan dasar tersebut dalam hidup dan kehidupannya, manusia akan dapat menempatkan dirinya pada kedudukan yang sebenarnya, sesuai dengan sengaja Allah menciptakan manusia.

Dengan melaksanakan dasar tersebut dalam hidup dan kehidupannya, manusia akan dapat mempertahankan kemuliaan dirinya, tetap menjadi makhluk yang termulia, demikian juga sebaliknya.

لَقَدۡ خَلَقۡنَا الۡاِنۡسَانَ فِىۡۤ اَحۡسَنِ تَقۡوِيۡمٍ (٤)ثُمَّ رَدَدۡنٰهُ اَسۡفَلَ سَافِلِيۡنَۙ‏ (٥) اِلَّا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ فَلَهُمۡ اَجۡرٌ غَيۡرُ مَمۡنُوۡنٍؕ‏ (٦)

Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia itu da-lam sebagus-bagus konstruksi, kemudian kami jadikan ma-nusia itu menjadi serendah-rendah makhluk yang paling rendah, Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih, Bagi mereka pahala yang tidak putus-putus (QS. At-Tin: 4-6).

Dengan melaksanakan dasar tersebut dalam hidup dan kehidupannya, manusia akan menjadikan seluruh hidup serta kehidupannya semata-mata untuk beribadah kepada Allah (beramal shalih) guna mendapatkan keridhaan-Nya.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Dan tiadalah kami ciptakan jin dan manusia itu kecuali agar mereka beribadah (menghambakan diri) kepadaKu (QS.Adz-Dzariyat: 56).

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE