Berita

Muhammadiyah Siapkan Pembukaan Prodi Ilmu Sejarah dan Filsafat

PWMJATENG.COM, Semarang – Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah bergerak merumuskan pembukaan prodi ilmu sejarah dan filsafat melalui Lokakarya pada 23-24 Juli 2022 atau bertepatan dengan tanggal 24-25 Dzulhijjah 1443 H, di Universitas Muhammadiyah Semarang. Acara ini digelar secara daring dan luring.

Latar belakang diadakanya perumusan program studi baru di PTM/A menurut Prof. Sjafri Sairin adalah menindaklanjuti hasil rekomendasi Kongres Sejarawan Muhammadiyah (KSM) pertama pada November 2022. Selain itu, kritik lama tokoh-tokoh Muhammadiyah terkait keringnya pendidikan Muhammadiyah.

Dalam bagian awal di dalam pengantar kegiatan-setelah sambutan dari Prof. Masrukhi selaku Rektor Unimus dan Prof. Chairil Anwar juga menyampaikan keinginannya untuk PTM.

“Kita ingin PTM memiliki kontribusi untuk melahirkan sejarawan,” ucap mereka.

Acara tersebut mengundang ilmuwan-ilmuwan kedua bidang tersebut, diantaranya Prof. Susanto Zuhdi dari Universitas Indonesia, Dr. Mutiah Amini dari Universitas Gadjah Mada, Dr. Sadiman dari Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Purnawan Basundoro dari Universitas Airlangga, dan Prof. Musa Ashari sebagai wakil keilmuan sejarah.

Baca juga, Edaran PWM Jawa Tengah tentang Syiar Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke 48

Pada pihak ilmu filsafat diwakilkan oleh Sukidi, PhD, Prof. M Amin Abdullah, dan Prof. Rd. Mulyadhi Kertanegara.

Acara Lokakarya ini juga dihadiri oleh rektor-rektor dari berbagai PTM/A di Indonesia.

Kegiatan Lokakarya akan diisi dengan pemaparan akademik mengenai kedua ilmu tersebut. Lalu dilanjutkan dengan Focus Grup Discussion (FGD).

Kontributor : Aufa Rafika
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE