BeritaKolom

Muhammadiyah Membangun Bangsa

Muhammadiyah Membangun Bangsa

Oleh : As’ad Bukhari, S.Sos., MA.*

PWMJATENG.COM – Kiprah organisasi Islam Muhammadiyah dalam membangun bangsa sudah tidak bisa diragukan lagi. Kontribusi nyata dan amal maslahah sudah banyak dirasakan oleh seluruh kepentingan umat manusia khususnya di Indonesia. Kepercayaan masyarakat, umat, rakyat sampai elit pejabat pun telah diakui dengan baik penuh amanah dalam mengelola gerak langkah persyarikatan Muhammadiyah. Tentu tidak terlepas juga dari kekurangannya walaupun mungkin kecil tak seberapa, sebab tugas membangun memang tak akan pernah usah lagi selesai karena harus terus bergerak secara berkelanjutan.

Apresiasi tinggi dari berbagai kalangan maupun lintas lembaga pun didapatkan atas pencapaian yang sudah melewati usia satu abad lebih. Muhammadiyah akan terus membangun bangsa tanpa lelah dan tanpa henti. Kerja nyata akan lebih banyak dilakukan daripada harus bergelut dan bergejolak pada hal yang tidak substantif lagi produktif. Sebab gerak langkah berkemajuan itu selalu diupayakan dengan nilai profesionalitas dan progresifitas dalam membangun. Dinamika pun dilalui Muhammadiyah dalam menghadapi tantangan baik itu dari dalam maupun dari luar

Baca juga, AUM Yes, Muhammadiyah No!

Muhammadiyah membangun bangsa dapat dilihat dari banyak hal hal mulai dari para tokoh pendahulu pendiri, dari amal usaha, dari karya tulis, dari pendidikan sekolah maupun perguruan tinggi, dari program sosial sampai pada seluruh warganya di berbagai bidang serta lintas profesi. Muhammadiyah tidak akan pernah berhenti melangkah dan membangun melahirkan karya, sebab simbol banyak bekerja nyata dan beramal usaha selalu terus diperjuangkan.

Tak akan pernah padam semangat meskipun rintangan begitu berat dihadapi sampai menuju kepada keberhasilan yang senantiasa diridai oleh illahi rabbiy. Bilapun ada yang masih meragukan Muhammadiyah dalam membangun bangsa, kemungkinan belum ada rasa cinta dan pemahaman yang utuh dengan kiprah Persyarikatan ini, hingga sampai akhirnya nanti menjadi ikut bahagia dan bahkan senang dengan kehadirannya yang begitu bermanfaat.

Sudah seharusnya warga Muhammadiyah mulai fokus untuk membangun, mengembangkan dan memperluas gerak langkah Muhammadiyah ke depannya. Agar segala hal dapat didalui dengan kemudahan yang berlandaskan dengan pedoman syariat Islam al Qur’an dan as Sunnah. Dakwah amar makruf nahi mungkar yang terus disyiarkan dan senantiasa berfastabiqul khairat menuju kebaikan. Dengan prinsip jamaah tentu Muhammadiyah akan lebih mudah dan cepat membangun bangsa menuju negeri yang berkah lagi berkemajuan serta senantiasa menjadi baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur.

*Analis Kajian Islam, Pembangunan, dan Kebijakan Publik

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE