AUMBerita

Milad 2 Tahun, Universitas Siber Muhammadiyah (SiberMu): Membuka Akses Pendidikan Jarak Jauh yang Berkualitas

PWMJATENG.COM, Yogyakarta – Universitas Siber Muhammadiyah (SiberMu) telah hadir dengan tujuan utama untuk mendorong akses pendidikan yang lebih luas bagi seluruh warga negara. SiberMu menyediakan layanan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) dan Full Online. Tujuan utama SiberMu adalah untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) dalam pendidikan tinggi di Indonesia.

Saat ini, APK di perguruan tinggi di Indonesia masih tergolong rendah dan belum memenuhi target nasional. Data dari BPS menunjukkan bahwa APK perguruan tinggi di Indonesia pada tahun 2021 hanya mencapai 31,19 persen. Ini berarti bahwa pemenuhan pendidikan tinggi di Indonesia masih belum mencapai sepertiga dari populasi usia aktif (19-23 tahun).

Pendidikan Jarak Jauh memiliki peran penting dalam meningkatkan APK pendidikan tinggi dengan beberapa keunggulan seperti mengatasi kendala geografis, fleksibilitas waktu, akses ke sumber daya, peningkatan diversitas, pengurangan biaya, penggunaan teknologi, dan penyediaan kursus khusus.

“Ini mungkin mengacu pada upaya SiberMu menghadirkan pembelajaran online yang dapat diakses oleh semua, mengurangi hambatan finansial, dan mempromosikan kesetaraan dalam pendidikan,” ujar Prof Bambang Riyanta dalam Rapat Senat Terbuka di SM Tower & Convention di Kota Yogyakarta, Senin (30/10/2023).

Baca juga, Twibbon Milad 111 Tahun Muhammadiyah

Rektor SiberMu, Dr. Ir. Bambang Riyanta, S.T., M.T, menekankan pentingnya pendidikan tinggi yang terjangkau dan dapat diakses oleh semua orang. Hal ini mencerminkan semangat SiberMu untuk menyebarkan pendidikan tanpa batasan usia, tempat, dan waktu. Mereka berusaha memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memperoleh pendidikan yang terbaik.

Dalam dua tahun pertama keberadaannya, SiberMu berhasil menjangkau seluruh kalangan dan wilayah di dalam dan luar negeri. Mereka mampu menyebarkan layanan berbagi matakuliah online melalui aplikasi SolusiMu ke 60 Perguruan Tinggi Muhammadiyah, tiga layanan Unit Pembelajaran Jarak Jauh (UPBJJ) di DIY, Jawa Barat, Kendari, 13 Kelompok Belajar dalam dan luar negeri, dan 37 tempat pendaftaran dari Papua sampai Aceh. Pengembangan teknologi pembelajaran terus dilakukan, dan SiberMu menjadi kampus PJJ pertama yang berbasis metaverse sejak Oktober 2022.

SiberMu secara nyata memberikan akses pendidikan jarak jauh yang aksesibel, berkualitas, terbuka yang menjangkau seluruh kalangan dan wilayah di dalam dan luar negeri. Mahasiswa SiberMu tersebar di 38 provinsi, dengan jumlah peminat yang mencapai 5,299 orang.

“Penggunaan metaverse ialah cara SiberMu menjawab kritik pembelajaran online yang dianggap kurang memberikan value,” kata Bambang.

Baca juga, Download Logo Milad 111 Tahun Muhammadiyah

SiberMu juga berkomitmen untuk mendorong perluasan akses pendidikan online yang berkualitas melalui Program Massive Open Online Courses (MOOCs). Program ini memberikan akses ratusan mata kuliah keterampilan di berbagai bidang kepada masyarakat umum. Rektor SiberMu menekankan bahwa sebagian besar pengguna program ini adalah anak muda, pekerja, pelaku usaha, UMKM, dan konten kreator di Indonesia.

Selain itu, SiberMu memberikan penghargaan kepada Prof. Dr. Paulina Pannen, M.LS sebagai Tokoh Transformasi Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia. Prof. Dr. Paulina Pannen saat ini menjabat sebagai Direktur Indonesia Cyber Education Institute (ICE-Institute), sebuah platform berbagi pembelajaran online. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas kontribusinya dalam mendorong inovasi kebijakan pendidikan jarak jauh di Indonesia.

“Ini adalah bagian dari penjaminan mutu untuk menjaga kepercayaan masyarakat luas, sehingga menepis kekhawatiran akan kualitas PJJ,” tegasnya.

SiberMu juga telah berhasil mengakreditasi seluruh program studi yang mereka tawarkan oleh Badan Akreditasi Nasional dan Badan Akreditasi Mandiri, memastikan kualitas pendidikan PJJ yang mereka sediakan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini dilakukan untuk menjaga kepercayaan masyarakat akan kualitas PJJ yang mereka tawarkan.

Dengan semangat untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada semua orang tanpa batasan geografis, SiberMu terus berinovasi dan berkomitmen untuk menjadi pelopor dalam dunia PJJ di Indonesia.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.