AUM

MI Muhammadiyah Al Akbar Pandeyan Gelar Akhirussanah dan Launching Buku

PWMJATENG.COM, Surakata – Kemarin (24/22) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Al Akbar Pandeyan Ngemplak Boyolali menggelar acara Akhirussanah dan Wisuda Tahfiz. Kegatan yang bertempat Di Auditorium Moh Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta diikuti 93 lulusan siswa kelas VI dan 81 wisudawan tahfiz Juz 30 dan 85 hadis pilihan.

Kepala MIM Al Akbar Pandeyan, Sutrisno, S.Pd.I. dalam sambutnya mengungkapkan rasa syukur karena pada kesempatan yang sanagt baik ini, keluarga besar MIM Al Akbar Pandeyan dapat menyelenggarakan Akhirussanah Wisuda Siswa Kelas VI dan Tahfiz.

“Acara wisuda MI Muhamadiyah Al Akbar Pandeyan teselenggara berkat kerja keras seluruh bapak ibu guru panitia dan juga dukungan dari wali murid dan UMS. Perlu kami sampaikan pada tahun Ajaran 2021/2022 MIM Al Akbar Pandeyan meluluskan 93 siswa; yang terdiri dari 63 siswa laki laki dan 30 siswa perempuan. Sejumlah 50 siswa telah menyelesaiakan Program Tahfiz secara variatif di juz 30, 29, 28, 27; dan bahkan ada beberapa siswa juga telah menyelesaian Program 50 Hadis pilihan,” ucap Sutrisno.

“Dan yang paling membanggakan dari 93 lulusan MI Muhammadiyah Al Akbar Pandeyan sejumlah 56-60% siswa sudah diterima di sekolah sekolah favorit lewat jalur berbasis tes, seperti di MTsN 1 Surakarta; MTsN 1 Karanganyar; SMP Islam Favorit di Surakarta; dan masih banyak tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Ini adalah pretasi madrasah. Lulusan MIM Al Akbar Pandeyan ternyata bisa berkompetisi di luar dengan anak-anak se Solo Raya. Semua tidak terlepas dari peran dari bapak ibu guru dan orang tua wali murid,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan bahwa untuk Wisuda Tahfiz sendiri diikuti oleh siswa kelas 1-6 sejumlah 81 siswa, dengan rincian 63 siswa Program Tahfiz Al-Qur’an dan 18 Siswa Program Tahfiz Hadis.

Hadir dalam kesempatan yang berbahagia ini Dekan FKIP UMS Prof. Dr. Sutama, M.Pd. untuk memberikan motivasi yang membakar semangat para wisudawan.

Ia menyampaikan bawa untuk menggapai keberhasilan pedidikan anak, peran oran tua sangatlah penting. Menurutnya pendidikan tidak bisa serta merta hanya diserahakan kepada madrasah (sekolah); tetapi orang tua ikut andil di dalamnya secara totalitas.

Diakhir motivasnya secara langsung Dekan FKIP UMS ini menyerahkan beasiswa penghargaan kepada 3 anak dengan prestasi terbaik, di antaranya pretasi terbaik di Bidang Tahfiz diberikan kepada Ananda Lutfia Zahratul Firdausi dan Ananda Rasyida Nur Fadhilah; kemudian prestasi terbaik di Bidang Akademis diberikan kepada Ananda Amira Zakia Rahman.

Baca juga, Puluhan Tahun Bergabung dengan KOKAM, Berikut Profil Sugiono Provost KOKAM Jepara

Disela sela acara wisuda juga ada launcing buku karya kolaborasi antara guru, Dhimas Edy Pratama dengan siswa siswi kelas 3 MIM Al Akbar Pandeyan yang berjudul “Untaian Kata Teruntuk Kedua Orangtua” dan Buku “Kegiatanku di Masa Pandemi Covid 19”

Di sela-sela acara, Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Pandeyan yang hadir di tengah-tengah para wisudawan mengapreasi kegiatan ini dan memberikan pesan kepada para wisudawan agar senantiasa menjaga nama baik almamater madrasah di manapun sampaikan kapapun walaupun para wisudawan sudah bersekolah di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Berbanggalah menjadi alumni MI Muhammadiyah Al Akbar Pandeyan di mana madrasah yang mengajarkan anak-anak adab, etika, atitude; dan juga belajar membaca Al-Qur’an dan Tahfiz selama 6 tahun. Di madrash pula bakat dan skill kalian dikembangkan. Dan yang terkahir, jika ingin sukses dalam belajar, mudah mendapatkan ilmu, mudah menyerap ilmu, bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari; maka kucinya hormati guru-guru kalian dan itu tidak bisa ditawar. Lepada guru harus tertanam rasa cinta dan penghormatan yang tinggi; karena dengan itu anak anak akan mendapatkan barakahnya menuntut ilmu baik agama maupun ilmu yang lainya,” ucap perwakilan PRM Pandeyan dalam sambutannya.

Kontributor : Pujiono
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE