BeritaKabar Dunia

Mengejutkan! OKI dan Negara Eropa Bersatu Dorong Solusi Dua Negara untuk Konflik Israel-Palestina

PWMJATENG.COM, Semarang – Sejumlah negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) bersama sebagian negara anggota dan bukan anggota Uni Eropa kembali mendorong upaya mencapai solusi dua negara dalam menyelesaikan konflik Israel-Palestina. Hal ini ditegaskan dalam pertemuan khusus yang dilangsungkan pada hari yang sama saat tiga negara Eropa menyampaikan pengakuan resmi atas Palestina.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Yordania, Mesir, Indonesia, Aljazair, Bahrain, dan wakil menteri luar negeri Uni Emirat Arab yang tergabung dalam Kelompok Kontak OKI mengadakan pertemuan di Brussels pada Selasa (28/5). Pertemuan ini juga dihadiri oleh sejumlah negara anggota dan bukan anggota Uni Eropa, bersamaan dengan pengakuan resmi Irlandia, Spanyol, dan Norwegia terhadap Palestina sebagai negara.

Dalam konferensi pers virtual Selasa sore (28/5), Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menegaskan pentingnya pertemuan ini di tengah memburuknya situasi di Palestina dan diabaikannya keputusan-keputusan Mahkamah Internasional (ICJ) oleh Israel.

“Ada beberapa permintaan yang disampaikan kepada negara-negara Eropa, baik oleh anggota OKI maupun negara-negara lainnya. Pertama, mendesak pemberlakuan gencatan senjata segera dan permanen di Gaza. Kedua, memberikan dukungan penuh kepada UNRWA sebagai satu-satunya badan PBB yang mencukupi kebutuhan para pengungsi Palestina di garis depan saat ini,” ujar Retno.

Baca juga, Mengapa Paham Salafi Mudah Masuk di Muhammadiyah?

“Permintaan ketiga adalah mengenai pentingnya pengakuan terhadap Palestina dan dukungan untuk keanggotaan Palestina di PBB. Saya juga kembali menekankan pentingnya semua negara menggunakan pengaruh masing-masing agar veto mengenai keanggotaan Palestina di PBB tidak terjadi lagi di Dewan Keamanan PBB. Keanggotaan Palestina di PBB akan membantu Palestina dalam membangun negaranya,” jelasnya.

Pertemuan ini menunjukkan solidaritas internasional dalam mendukung Palestina dan mendorong solusi damai yang adil. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat tercapainya perdamaian yang langgeng di wilayah tersebut.

Dengan pengakuan resmi dari Irlandia, Spanyol, dan Norwegia, serta dukungan kuat dari OKI dan sejumlah negara Eropa lainnya, harapan untuk solusi dua negara semakin menguat. Negara-negara ini berkomitmen untuk terus mendorong Israel dan Palestina menuju perdamaian dan mengakhiri konflik yang telah berlangsung lama.

Sebagai salah satu inisiatif diplomatik terbesar tahun ini, pertemuan ini menandai langkah penting menuju penyelesaian konflik Israel-Palestina dan menunjukkan bahwa komunitas internasional tetap bersatu dalam upaya menciptakan perdamaian yang adil dan abadi bagi semua pihak yang terlibat.

*Konten ini merupakan kerja sama pwmjateng.com dengan VOA Indonesia

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE