AUMBerita

Wisuda Spektakuler! UNIMUS Lepas 506 Wisudawan dengan Prestasi Gemilang

PWMJATENG.COM, Semarang – Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) melepas 506 wisudawan pada wisuda ke-43 yang dilaksanakan pada Selasa, 28 Mei 2024, di Gedung Serba Guna UNIMUS. Acara ini merupakan wisuda periode kedua di tahun 2024 setelah sebelumnya dilaksanakan pada bulan Februari.

Pada wisuda kali ini, sebanyak 506 wisudawan terdiri dari 116 lulusan profesi, 306 lulusan program sarjana, 17 lulusan program pascasarjana, dan 67 lulusan diploma. Hingga saat ini, UNIMUS telah meluluskan lebih dari 20.000 orang.

Di antara 506 wisudawan, terdapat 6 wisudawan terbaik dari enam program studi (prodi) yang meraih indeks prestasi tertinggi. Wakil Rektor 1 UNIMUS, Budi Santosa, melaporkan bahwa keenam wisudawan terbaik tersebut berasal dari prodi S1 Pendidikan Matematika, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Ilmu Gizi, S1 Kedokteran, dan S1 Kedokteran Gigi.

Rektor UNIMUS, Masrukhi, menyampaikan bahwa para lulusan dibekali dengan kompetensi keilmuan yang berkualitas sesuai dengan prodi masing-masing, sikap kolaborasi dalam membantu sesama, serta pembinaan Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Dalam pidatonya, Masrukhi menekankan pentingnya lulusan UNIMUS untuk siap menghadapi tantangan di dunia kerja dengan bekal ilmu dan nilai-nilai yang telah diperoleh selama masa studi.

Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Dodok Sartono, turut hadir dalam acara wisuda ini. Dalam pesannya kepada para lulusan, Dodok Sartono mengingatkan agar memilih profesi sesuai dengan keyakinan dan memiliki lima hal penting dalam menghadapi dunia kerja, yaitu karakter kinerja, fokus, memberikan yang terbaik, membangun relasi, dan memperhatikan hal-hal kecil.

“Saya mengingatkan kepada para lulusan untuk selalu berpegang pada lima prinsip dalam bekerja: karakter kinerja, fokus, memberikan yang terbaik, membangun relasi, dan memperhatikan hal-hal kecil,” ujar Dodok Sartono.

Wisuda kali ini juga menandai stabilnya tingkat pendaftaran mahasiswa baru UNIMUS dari tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pendidikan yang diberikan oleh UNIMUS.

Pelaksanaan wisuda ke-43 ini berlangsung dengan khidmat dan meriah. Para wisudawan dan keluarga tampak antusias mengikuti setiap rangkaian acara yang diselenggarakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca juga, Mengapa Paham Salafi Mudah Masuk di Muhammadiyah?

Kepala Divisi Berita TVMU Pusat, Ichsan Marsha, menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan upaya Muhammadiyah Jawa Tengah dalam menyiarakan kegiatan dan aktivitas di wilayah tersebut. Selain pelatihan, empat orang ini juga diharapkan dapat menghasilkan berita TV sesuai dengan arahan yang sudah diberikan.

“Kami berharap dengan pelatihan ini, tim media Muhammadiyah Jawa Tengah dapat menyiarakan lebih banyak kegiatan positif dan inspiratif dari berbagai wilayah,” ujar Ichsan Marsha.

Wisuda kali ini juga menjadi momentum bagi UNIMUS untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan fasilitas bagi mahasiswanya. Beberapa program pengembangan dan inovasi telah direncanakan untuk mendukung proses belajar mengajar yang lebih baik dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Rektor UNIMUS, Masrukhi, juga menambahkan bahwa lulusan UNIMUS diharapkan dapat menjadi agen perubahan di masyarakat. “Kami berharap para lulusan UNIMUS dapat menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif di masyarakat, baik di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, maupun bidang lainnya,” ujar Masrukhi.

Dengan adanya wisuda ke-43 ini, UNIMUS semakin memperkokoh posisinya sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang terus berkomitmen dalam mencetak generasi unggul dan berdaya saing tinggi.

Selain itu, tingkat pendaftaran mahasiswa baru UNIMUS tahun ini stabil dari tahun sebelumnya, menunjukkan minat yang tinggi dari calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di UNIMUS. Hal ini menjadi indikator bahwa UNIMUS terus dipercaya oleh masyarakat sebagai institusi pendidikan yang berkualitas.

UNIMUS terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan melalui berbagai program dan kegiatan yang inovatif. Ke depan, UNIMUS berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi dunia pendidikan dan masyarakat luas.

Dengan semangat dan optimisme, UNIMUS siap menghadapi tantangan masa depan dan terus berinovasi untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dan siap bersaing di kancah global. Wisuda ke-43 ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan UNIMUS untuk mencapai visi dan misinya sebagai perguruan tinggi yang unggul dan terkemuka.

Kontributor : Devi Maharja
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE