Kolom

Menanti Gagasan Baru dalam Musyda Pemuda Muhammadiyah Jepara

Menanti Gagasan Baru dalam Musyda Pemuda Muhammadiyah Jepara

Oleh : Roynaldi Saputro*

PWMJATENG.COM – Musyawarah Daerah (Musyda) Pemuda Muhammadiyah Kab. Jepara akan dilaksanakan pada Ahad, 12 Jumadil Awal 1445 H atau bertepatan dengan 26 November 2023 di Auditorium BBPBAP Jepara. Kegiatan yang meliputi banyak agenda di dalamnya tersebut termasuk dalam agenda yang sangat penting. Di mana akan ada permusyawaratan antar musyawirin dari perwakilan cabang dan ranting se-Jepara mengenai gagasan dan pemimpin baru untuk periode ke depannya.

Mengenai hal tersebut, tidak salah jika kepentingan dalam agenda Musyda sangat besar. akan ada banyak dinamika yang terjadi, dan banyak hal yang akan dimusyawarahkan. Selain memilih ketua atau pemimpin baru dari 22 calon formatur yang sudah ditetapkan sebagai ujung tombak penggerak roda organisasi, ada materi lain yang perlu diperhatikan. yaitu mengenai gagasan Pemuda Muhammadiyah Jepara untuk ke depan.

Tentu banyak latar belakang yang bisa kita ambil mengenai gagasan apa yang akan pemuda bawa ke depannya. Salah satu yang penting dan cukup mendesak bahwa pemuda Muhammadiyah harus punya gagasan mengenai :

1. 2024 Tahun Politik

Pemuda Muhammadiyah sebagai organisasi yang mempunyai power society dan power intectually yang cukup kuat membuat Pemuda Muhammadiyah tidak bisa ambil sikap abstain (tidak berbuat apa-apa) dalam tahun politik. Posisi Pemuda Muhammadiyah harus memberikan warna tersendiri bagi percaturan di tahun tahun politik. Dalam hal teknisnya Pemuda Muhammadiyah diharapkan bisa menjadi pemberi nilai lebih dalam ranah politis. Seperti tokoh-tokoh Muhammadiyah, yang ada pada pra dan pasca kemerdekaan. Di mana membuat kegiatan-kegiatan politiknya hanya semata-mata untuk negara Indonesia tanpa memikirkan ego individu.

Selain dari itu pula kita dihadirkan dengan cara-cara yang cukup monumental oleh ayahanda kita di PP Muhammadiyah, dengan mengundang 3 capres dan cawapres dalam dialog bersama dalam agenda pendidikan politik kepada pemilih serta mengamanatkan gagasan-gagasan Muhammadiyah untuk bangsa kepada 3 capres dan cawapres jika besok salah satunya terpilih atas mandat rakyat.

2. Aktif dalam Pemilu Damai

Tak hanya sikap yang perlu diteguhkan Pemuda Muhammadiyah Kab. Jepara dalam mewarnai tahun politik, akan tetapi Pemuda Muhammadiyah juga perlu berperan dalam kondusifitasnya pelaksanaan tahapan2 pemilu 2024. Apalagi setelah 2 hari pasca Musyda, akan ada tahapan kampanye bagi calon-calon yang akan maju. Hal ini selaras dengan pesan PJ bupati ketika menerima audiensi kami. beliau berpesan bahwa pemuda harus memberikan contoh untuk menjadi pionir sejuknya pemilu 2024.

Kesejukan tersebut akan hadir dan termanifestasikan manakala pemikiran pemikiran kader Pemuda Muhammadiyah juga luas, sejuk dan tentu saja menerima perbedaan.

3. Agenda Perkaderan yang Menggembirakan

Dalam internal pemuda Muhammadiyah pasti sudah mengetahui bahwa periode sebelum Musyda sudah menyelanggarakan Baitul Arqam Dasar (BAD ) sebanyak 3 kali. Dalam pelaksanaan BAD, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Jepara sudah sangat bagus, harapannya ke depan Pemuda Muhammadiyah harus lebih masif dan bergembira dalam melakukan perkaderan sehingga tercipta kuantitas dan kualitas yang tinggi.

4. Melanjutkan dan Memperluas Jaringan

Periode sebelumnya jaringan yang sudah dibentuk sudah sangat bagus. tetapi harapan kami perlu ke depan untuk bagaimana jaringan di internal maupun eksternal tetap eksis atau bahkan terbangun lebih luas, pertanyaannya bagaimana caranya?

Saya meyakini, dalam setiap periode kepemimpinan pasti mempunyai cara-cara tersendiri dalam membangun aksesibilitas organisasinya ke eksternal. Maka dari itu tema dari gagasan ini akan terbangun dengan sendirinya dari personal branding para pimpinan Pemuda Muhammadiyah Jepara ke depannya.

5. Melanjutkan Kepemimpinan Positif

Kepemimpinan PDPM Jepara periode Muktamar ke-XVII dirasakan oleh beberapa cabang sudah sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan kompaknya cabang-cabang dalam suksesi kepemimpinan di Musyawarah Wilayah Jawa Tengah yang mengantarkan ketua umum PDPM Jepara menjadi Sekretaris Wilayah pemuda. Periode ke depan PDPM tentu harus lebih baik dalam mengeratkan Cabang Pemuda Muhammadiyah. terutama dalam mengeratkan agenda-agenda PDPM yang berkaitan dengan cabang dan ranting. terutama lebih memotivasi lagi untuk cabang supaya bisa mandiri dalam berkegiatan serta pendampingan dengan turba ke cabang-cabang.

Saya kira lima tema gagasan itu yang cukup penting untuk dirancang dan dijalankan oleh Pemuda Muhammadiyah periode ke depan karena akan mempengaruhi eksistensi dan gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar di Kab. Jepara. Mari kita ciptakan Musyda yang berkualitas dengan adu gagasan dan tidak hanya adu suara.

Editor : M Taufiq Ulinuha

*Sekretaris PDPM Jepara periode Muktamar ke-XVII.

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE