Membangun Kader Berakhlak Qur’ani, PKD TM 1 Menghafal Al-kahfi

0
336

PWMJATENG.COM, BREBES – PD IPM Kabupaten Brebes jum’at ini menjadi fasilitator di sekolah SMA Muhammadiyah Tonjong. Di mana, kegiatan Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati 1 yang disingkat (PKD TM 1) wajib dilakukan oleh seluruh Pimpinan sesuai kaidah perkaderan IPM.

PKD TM 1 ini diikuti 70 anak dari sekolah SMA Muhammadiyah Tonjong dan SMP Muhammadiyah Tonjong. Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari, yakni Jum’at, sabtu dan Ahad yang bertempat di SMA Muhammadiyah Tonjong.

“Membangun kader yang berakhlak Qur’ani, Berkarakter dan Berkemajuan tema ini diusung karena pentingnya menciptakan kader yang baik dan berkualitas agar nantinya menjadi kader yang benar-benar kader berkarakter dan Qur’ani” ujar Agus Salim,S.Pd M,H Kepala Sekolah, Jumat (2/11/2018).

Perkaderan ini benar-benar sebuah pelatihan karena sebelumnya taruna melati tahun-tahun sebelumnya dirasa kurang optimal di sekolah tersebut namun bukan berarti tidakAl-Qur’an.
“Saat ini Tonjong adalah sebuah kecamatan yang Pimpinan Cabangnya telah lama vakum dan baru agustus kemarin bangkit. Maka dari itu, diharapkan nantinya output dari Taruna melati ini ada pada pengaktifan Cabang ataupun ranting di Kecamatan Tonjong” ujar Ketua Umum PC IPM Tonjong, Ipmawati Isnaeni Rabbani.
Peraturan yang diperketat dan segala hal ketentuan lainnya menjadi penting agar keberhasilan Taruna Melati ini dapat berkesan baik bagi para pesera dan semuanya. Salah satunya adalah Hafalan Al-Qur’an, menjadi wajib untuk disetorkan yaitu hafalan Qs Al-Kahfi Qs Al-Qolam dan Qs Al Imran.

Awalnya ketika disampaikan pserta merasa keberatan namu kemudian tidak menjadi masalah karena sudah jauh-jauh hari disampaikan.
Menurut Ketua Bidang Perkaderan PD IPM Brebes ini “Menghafal Al-kahfi 1-10, Al-Qolam 1-5, dan Ali Imran 104 dan surat pendek juz 30 ini adalah syarat untuk pengambilan syahadah bagi peserta” ujar Akhmad Pujianto. (senja)