MDMC Jepara Gelar Rakerda

0
366

PWMJATENG.COM, JEPARA – Kurang dari 1 bulan setelah dilantik, Lembaga Penanggulangan bencana PDM Jepara (MDMC) langsung menggelar Rapat Kerja Daerah. Roy selaku ketua MDMC Jepara mengaku tak ingin terlalu lama membuang – buang waktu, karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan. “Kita tidak boleh terlalu lama berdiam diri dan tidak melakukan apa – apa, pelantikan itu adalah tanda kita harus mulai bekerja” ucap Roy.

Rapat Kerja yang digelar pada hari kamis tanggal 10 Mei 2018 itu dihadiri 50 orang relawan baik dari MDMC maupun LLHPB Aisyiyah. Dalam sambutannya Roy mengungkapkan ingin menjalin hubungan yang sinergis dengan LLHPB Aisyiyah, menurutnya penting sekali adanya hubungan kerjasama yang solid antara MDMC dan LLHPB,oleh karena itu perlu adanya suatu kegiatan yang dapat mengakomodir itu.

Ketua LLHPB Deny A’la Itikafia mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yg telah diselenggarakan oleh MDMC hari ini. “Besar harapan dari LLHPB Daerah Jepara akan kelanjutan sinergitas yg dibangun antara MDMC dan Tim Relawan Aisyiyah,  ke depan bahu membahu,  bekerja sama, saling membantu khususnya pd kegiatan kebencanaan baik di dalam maupun luar daerah.” Tambah Deny.

Selaku ketua LLHPB Aisyiyah Deny berharap relawan muhammadiyah memiliki reaksi yg cepat dan tanggap dalam berbagai masalah dan pemecahan solusi pada satu pintu yaitu di atas satu komando menuju ONE MUHAMMADIYAH ONE RESPON.

Dalam periode muktamar ke 47 ini, MDMC Jepara ingin fokus kepada pengembangan kualitas sumber daya manusia dalam mitigasi bencana, contoh kegiatan yang dirumuskan dalam draft rakerda kali ini adalah terselenggaranya beberapa agenda – agenda pelatihan ditingkat sru hingga daerah, terwujudnya sekolah kebencanaan, pembentukan 4 cluster MDMC, dll.

Potensi yang dimiliki oleh jepara harus betul – betul kita manfaatkan dengan baik, SDM MDMC Jepara memiliki potensi untuk mengisi 4 cluster tersebut, cluster medis kita punya, cluster SAR, teman2 kita sudah banyak yang bersertifikasi tingkat madya, cluster psikososial dan Dapur umum kita juga punya potensi itu, jadi potensi yang kita miliki harus kita eksplore” tambah Roy.

Untuk meningkatkan kualitas SDM, MDMC Jepara berencana akan menggandeng beberapa Instansi baik Instansi pemerintah maupun swasta, Instansi yang akan digandeng antara lain BPBD Jepara, Damkar Jepara, Basarnas, Dinas Lingkungan hidup,Polres,Kodim, PMI Jepara dll.
Sebelum Rakerda digelar, MDMC sempat menyelenggarakan audiensi dengan BPBD Jepara, menindaklanjuti MoU yang akan dilakukan, sekaligus membahas  program – program yang dapat diselenggarakan bersama – sama. (Roy Cendekiawanmuda)